Comscore Tracker
LUXURY

Sejumlah Memorabilia Koleksi Sylvester Stallone Akan Dilelang

Pemeran Rambo itu perlu mengosongkan beberapa ruangan.

Sejumlah Memorabilia Koleksi Sylvester Stallone Akan DilelangAktor kawakan Hollywood, Sylvester Stallone. (ShutterStock_Andrea Raffin)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

Jakarta, FORTUNE - Ingatkah aktor kawakan Hollywood yang memerankan karakter heroik Rambo atau petinju Rocky Balboa? Ya, dia adalah Sylvester Stallone. Aktor berkebangsaan Amerika Serikat (AS) dan berdarah Italia ini adalah salah satu legenda hidup Hollywood yang membintangi banyak film laga sekaligus memproduseri beberapa film box office.

Stallone yang akrab disapa Sly ini sudah malang melintang di industri perfilman dunia selama kurang lebih 50 tahun. Dengan kenyataan ini, tentu tidak mengherankan jika namanya dikenal luas dengan penggemar yang tersebar di seluruh dunia. Bahkan, dalam umur yang tak lagi muda, ia mendapatkan nominasi Oscar ketiganya melalui karya spin-off Rocky, berjudul Creed pada 2016.

Baru-baru ini, salah satu rumah lelang di Hollywood, yaitu Julien’s Auction mengumumkan bahwa penjualan besar terakhirnya untuk menutup 2021 bertema “Properti dari Kehidupan dan Karier Sylvester Stallone”. Acara yang akan diadakan pada (5/12) mendatang itu akan melelang beberapa memorabilia dan koleksi pribadi Sly. Julien’s Auction pasang target US$1,5 juta atau sekitar Rp21,4 miliar untuk koleksi ini.

"Stallone mengubah dunia dan jagat film aksi dengan memberi kami dua pahlawan dan simbol budaya terbesar dan paling abadi di Hollywood, Rocky dan Rambo," ujar CEO rumah lelang, Darren Julien dalam sebuah pernyataan.

Melansir situs robbreport.com, berikut ini adalah beberapa benda-benda bernilai sejarah karier Sylvester Stallone yang akan dilelang tersebut.

Memorabilia dari empat seri film Rocky

Film Rocky adalah salah satu masa keemasan karier Sylvester Stallone. Memerankan tokoh petinju legendaris Rocky Balboa, Sly memukau dunia dengan karakter kuat yang ia perankan. Akting yang begitu mengesankan sekian banyak penggemarnya tentu menjadi alasan solid bahwa berbagai pernak-pernik dari film ini akan menjadi incaran para kolektor dunia.

Salah satu yang menggemparkan adalah buku catatan pribadi Stallone dari empat film Rocky pertama, masing-masing diperkirakan akan terjual senilai US$40 ribu-US$60 ribu. Selain itu, ia juga akan melelang sarung tinju dari Rocky III dengan nilai berkisar antara US$10 ribu-US$20 ribu.

Benda ikonik dari kisah perang Vietnam

Siapa yang tak kenal tokoh Rambo? Karakter tentara Amerika Serikat pada masa perang Vietnam memang meninggalkan kesan heroik yang tak mudah dilupakan. Akting Sly sebagai seorang serdadu AS serta jalan cerita yang dibuat untuk mengangkat nasionalisme rakyat AS di tengah konflik dengan Vietnam Utara membuat film ini menjadi salah satu film Hollywood yang terkenang sepanjang masa.

Melalui lelang ini, Julien’s Auction menawarkan sejumlah artefak yang pernah digunakan sebagai properti dalam film Rambo. Ada set pisau dari tiga film Rambo pertama yang ditaksir bernilai US$8 ribu- US$10 ribu. Kemudian, benda yang menjadi ikon utama, yakni ikat kepala berwarna merah yang dikenakan Sly di seri Rambo: First Blood Part II. Benda ini diperkirakan juga bernilai US$8 ribu-US$10 ribu.

Benda lain yang tak kalah menarik

Selain dua film legendaris di atas, Stallone juga pernah berperan sebagai hakim masa depan di film distopia yang diangkat dari kisah komik Judge Dredd. Selain itu, Sly juga pernah berperan sebagai Gabe Walker, seorang tim penyelamat Pegunungan Rocky.

Walau belum menyamai kebesaran film Rocky maupun Rambo, namun dua film ini patut diperhitungkan dan memberikan kontribusi dalam acara pelelangan ini. Sly melepas kostum hakim masa depan Judge Dredd yang dibuat oleh perancang busana dunia, Gianni Versace, dalam rentang harga US$10 ribu-US$20 ribu. Sedangkan, patung lengan dari film Cliffhanger akan dihargai sekitar US$5 ribu-US$7 ribu.

Related Articles