Comscore Tracker
LUXURY

8 Koleksi Jam Tangan Eksklusif ‘The Batman’ Edisi Terbatas

Police hingga Apple Watch hadirkan koleksi The Batman.

8 Koleksi Jam Tangan Eksklusif  ‘The Batman’ Edisi TerbatasJam Tangan Eksklusif ‘The Batman'/Dok. Police

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - Film terbaru Warner Bros Picture, The Batman, menghadirkan karakter Bruce Wayne sebagai Batman, yang kini diperankan Robert Pattinson. Karakter itu pula yang menginspirasi kolaborasi berbagai produsen arloji ternama dengan peluncuran jam tangan edisi The Batman.

Mulai dari kolaborasi Warner Bros dan Police, merek fesyen asal Italia ini meluncurkan empat desain jam tangan. Dengan menonjolkan elemen berani dan gelap, koleksi yang hanya diproduksi 10 ribu unit di dunia tersebut diluncurkan di Dubai, Uni Emirat Arab.

Dalam keterangan resmi kepada Fortune Indonesia, jam tangan itu dijual secara global mulai Rabu, 4 Maret 2022. Koleksi tersebut dirilis menyambut penayangan perdana film The Batman secara global pada 2 Maret 2022. Indonesia menjadi salah satu target pemasaran jam tangan The Batman tersebut. Total ada 200 jam tangan dari empat tipe yang ditawarkan kepada kolektor maupun pecinta Batman.

Studio desain asal Swiss, Kross Studio, Fossil, hingga Apple Watch juga meluncurkan edisi The Batman. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut deretan jam tangan eksklusif edisi terbatas The Batman yang bisa menjadi pilihan Anda.

The Batman Watch

Jam tangan ini memiliki dua bagian konstruksi case yang unik, simbol dari identitas ganda karakter Batman. Setiap case dapat diatur ke zona waktu berbeda. Simbol kelelawar dan judul film menghiasi bagian bawah arloji yang ditawarkan dengan harga Rp6,3 juta.

Dua crowns pada posisi yang tidak biasa menggerakkan dua dial terpisah. Logo Police pada batang penghubung silinder menambah dasbor keterampilan Police. Tali kulit bertekstur pun melengkapi keseluruhan visual.

The Batman – Vengeance Edition Watch

Desain jam ini menggambarkan kemarahan Batman. Arloji pria ini diatur dengan tiga tombol untuk tiga zona waktu berbeda dan hadir dalam kotak, juga gelang stainless steel tahan karat berlapis hitam. 

Arloji ini diatur dengan dial utama ditempatkan jauh di dalam, dengan penanda jam naik ke atas dan ke luar. Case dan dial dibungkus karakter dengan sekrup industri dan lapisan simbol kelelawar kreatif yang menciptakan kesan kedalaman dan inovasi. Jam tangan ini ditawarkan dengan harga Rp4,7 juta.

The Batman – Gotham City Edition Watch

Tipe ini dikatakan sebagai ode untuk The Gotham City. Edisi ini menghadirkan fitur lampu latar bercahaya di dalam kotak tahan karat berlapis hitam.

Simbol kelelawar yang legendaris menyala di dial sarang lebah yang gelap. Crown yang menonjol ditempatkan pada posisi jam 4 dan dilindungi penambahan jepitan logam fungsional. Arloji pria ini dilengkapi tali silikon hitam dengan simbol kelelawar yang terukir pada perangkat keras logam di setiap sisinya. Harga yang ditawarkan untuk tipe ini Rp3,15 juta.

The Batman – Catwoman Edition Watch

Arloji uniseks multi-dial ramping ini terinspirasi kepribadian Catwoman yang lincah dan gesit. Arloji yang ditawarkan dengan harga Rp3,15 juta itu dikemas dalam wadah baja tahan karat berlapis hitam dan dihiasi bezel bertatahkan batu hitam legam.

Dial dua lapis bertekstur memiliki logo Bat tersembunyi dan dilengkapi 12 penanda jam berwajah indah, serta tangan yang dipoles, agar selaras dengan gaya Catwoman. Tali kulit memiliki karakter tersendiri, bertekstur dengan hiasan perangkat keras fungsional.

Kross Studio’s ‘The Batman’ Tourbillon Watch

Jam tangan The Batman ini berbeda dengan jam tangan pada umumnya. Dalam membaca waktu, jarum jam diwakili oleh capit berwarna perak yang menempel pada perangkat yang berputar 360 derajat di dekat mesin tourbillon.

Sementara itu, disk hitam dengan skala 00-55 berwarna merah berfungsi untuk jarum menit. Hanya indeks atau penanda jam yang diletakan secara normal layaknya jam tangan lain di bagian tepi dial. Seluruh bagian jam tangan dilindungi kaca kristal safir cembung dan cangkang 45 milimeter berbahan titanium grade 5 yang dilapisi material diamond-like carbon (DLC) hitam. Secara keseluruhan, terdapat 283 komponen pada bagian mesin dan dial jam tangan.

Masing-masing komponen dibuat dengan tangan dan dirakit oleh Kross Studio di Gland, Swiss. Crown atau kenop pemutar berupa ring yang membentuk huruf D di bagian cangkang belakang, serta tombol Time Set di dekat indeks jam 3 dirancang sesederhana mungkin demi kenyamanan pengguna. Selain itu, Kross Studio juga memudahkan pengguna untuk mengganti tali jam dengan dibekali fitur interchangeable strap system. Calon pembeli akan diberikan tiga opsi tali yang berbeda-beda.

Fossil ‘The Batman Watch’ dan ‘The Riddle Watch’

Kolaborasi ini menampilkan desain edisi terbatas yang terinspirasi oleh Batsuit khas Batman dan Penjahat Super yang penuh teka-teki, The Riddler. Terinspirasi oleh tampilan Batman yang tidak diragukan lagi, ditambah desain hitam matte dari Batsuit dan armornya, The Batman Watch seharga US$509 dilengkapi dengan casing 42mm stainless steel berlapis ion hitam. Ini juga menampilkan lume hijau bercahaya pada semua penanda jam, aksen merah mencolok dan gerakan otomatis dengan tanggal.

Masing-masing dari tiga tali hitam yang mudah diganti dilengkapi dengan bahan yang meniru teknologi Batman dan The Batcycle: Kevlar, nilon balistik, dan silikon cetakan. Arloji ini juga dilengkapi dengan dasar tampilan yang berfokus pada utilitas yang mencakup laci untuk menyimpan tali tambahan, ditandai dengan desain pelat dada resmi Batman di alasnya.

The Riddler Watch mengambil inspirasi dari percikan grafiti hijau berbahaya dari penjahat, yang direpresentasikan pada casing 44mm stainless steel berlapis ion hitam Minimalis. Arloji unik ini memiliki tali kulit berpola kotak-kotak di satu sisi, bersama dengan tanda tanya merek dagang The Riddler yang berputar di atas submata 6 jam.  Arloji yang dibanderol seharga US$509 ini dijual terbatas hanya 1595 unit.

Batman Apple Watch Strap

Apple Watch merilis tali jam dengan warna merah yang berani, lengkap dengan logo Batman. Tali jam dapat disesuaikan dengan tampilan jam baru yang ekslusif didapatkan dengan memindai kode QR dalam paket pembelian. 

Sementara itu, dari sisi merchandise, beberapa barang eksklusif juga bisa didapatkan. Anda bisa memiliki buku pendamping resmi di balik layar untuk The Batman karya Matt Reeves. Di situ pembaca dapat melihat ke dalam proses produksi film melalui desain karakter, maket kendaraan dan gadget, serta lukisan latar belakang. Buku ini juga termasuk dalam buku ilustrasi terlaris #1 lengkap dengan komentar asli dan wawancara dengan pembuat film dan pemeran, seperti Robert Pattinson dan Zoe Kravitz.

Related Articles