LUXURY

Jimat Keberuntungan Rolex di Ryder Cup 2023

Menjaga kekompakan Rolex Testimonee hingga jadi jawara.

Jimat Keberuntungan Rolex di Ryder Cup 2023kapten Tim Eropa, Luke Donald/Dok. Rolex

by Desy Yuliastuti

18 October 2023

Jakarta, FORTUNE - Hubungan Rolex dan golf tak terpisahkan ibarat selai kacang dan jeli. Anda hampir tidak dapat menyaksikan acara golf profesional yang disiarkan di televisi tanpa disuguhi iklan pembuat jam tangan ikonik Swiss ini. Hubungan jenama arloji mewah ini dengan golf dimulai pada tahun 1967, ketika tiga besar — ​​Arnold Palmer, Jack Nicklaus, dan Gary Player — semuanya menjadi Rolex Testimonee . 

Perjalanan terus berlanjut hingga kini. Di bawah kepemimpinan Rolex Testimonee Luke Donald, Tim Eropa berhasil memenangi perlawanan sengit dari Tim Amerika Serikat untuk menjadi juara di Roma dan meraih kemenangan di Ryder Cup 2023. Dua puluh empat pemain terbaik dunia bersaing dalam tiga hari pertandingan golf match-play di Marco Simone Golf & Country Club, yang terletak di pinggiran ibu kota Italia, dalam kompetisi yang sangat sengit antara juara dari kedua sisi Samudra Atlantik. Kedua tim memberikan penampilan yang tak terlupakan, yang berujung pada Eropa merebut trofi yang sangat diidamkan. 

The Ryder Cup menjadi salah satu sorotan dalam kalender olahraga. Turnamen ini merupakan turnamen olahraga golf terbaik yang dalam kontes dua tahunan antara Eropa dan Amerika Serikat selalu menjadi tanda sportivitas, ketekunan, dan keberanian. Edisi tahun ini tak berbeda dan menjadi pengingat mengapa kompetisi ini merupakan acara tim pria internasional terdepan, kompetisi tahun ini digelar di depan sekitar 270.000 penggemar yang penuh semangat. 

Dalam penampilan luar biasa yang melibatkan semua aspek permainan, Tim Eropa membuka pertandingan dengan baik dalam upayanya untuk merebut kembali Ryder Cup. Donald membuat keputusan tepat dengan memulai dengan sesi foursomes bergantian daripada fourballs tradisional yang langsung memberikan hasil yang menguntungkan.

Tim Eropa memenangkan keempat pertandingan foursomes untuk membersihkan sesi pembuka untuk pertama kalinya dalam sejarah acara ini. Menahan serangan balik dari Tim Amerika Serikat yang berjuang keras, tuan rumah yang termotivasi memimpin 6½–1½ setelah hari pertama. Pada hari Sabtu, Tim Eropa memperluas keunggulannya diantara para tamu menjadi 10½–5½, dan pada akhirnya meraih kemenangan dengan skor 16½–11½. 

Setelah kemenangan timnya pada hari Minggu, kapten Tim Eropa, Luke Donald, memberikan penghormatan kepada para pemainnya dan berbicara tentang kualitas unik dari Ryder Cup. 

"Saya cukup emosional. Ini telah menjadi proses panjang, perjalanan luar biasa, dan saya sangat menikmatinya. Inilah mengapa Ryder Cup sangat istimewa bagi saya dan para pemain. Kami bermain untuk satu sama lain dan kami akan berbagi kenangan-kenangan itu selamanya," ujarnya.

Menjaga kekompakan para Rolex Testimonee

Dok. Rolex

Pria asal Inggris ini memilih rekan-rekan Rolex Testimonees-nya, yaitu Thomas Bjørn, Nicolas Colsaerts, Francesco Molinari, dan José María Olazábal, sebagai wakil kaptennya, dan pengalaman gabungan mereka memainkan peran kunci dalam menuntun Eropa meraih kemenangan. Kemenangan ini menjadikan Donald sebagai bagian dari kelompok eksklusif Rolex Testimonee yang telah memimpin tim mereka meraih kemenangan di Ryder Cup, yang mencakup Arnold Palmer (1963, 1975), Jack Nicklaus (1983), Tom Watson (1993), Bernhard Langer (2004), Colin Montgomerie (2010), Olazábal (2012), Paul McGinley (2014), dan Bjørn (2018). 

"Saya memberikan mereka budaya yang baik dan mempersiapkan mereka dengan baik, tetapi kemudian harus memberikan mereka ruang. Mereka harus melakukannya dan bermain dengan baik, dan merekalah melaksanakannya. Para pemain ini akan ada untuk waktu yang lama dan kami akan memberikan perlawanan yang hebat dua tahun mendatang," kata Luke Donald.

Melanjutkan perjalanan kariernya yang luar biasa, Ludvig Åberg, salah satu Rolex Testimonees terbaru, menjadi pemain golf pertama yang bermain di Ryder Cup sebelum tampil dalam kejuaraan besar. Sejarah tercatat pada hari Sabtu ketika pemuda Swedia berusia 23 tahun ini menjadi bagian dari pasangan Eropa yang meraih kemenangan dominan 9-dan-7 dalam sesi foursomes pagi, margin kemenangan terbesar untuk pertandingan 18 hole, baik foursomes maupun lainnya, dalam sejarah Ryder Cup. 

Ludvig Åberg mengatakan, "Selalu menjadi motivasi bagi saya. Saat tumbuh di Eropa dan di Swedia, orang akan ingin menjadi bagian dari tim-tim ini suatu saat dalam perjalanan karirnya, tetapi saya tidak menyadari bahwa ini akan terjadi begitu cepat. Beberapa bulan terakhir ini berjalan sungguh luar biasa untuk saya. Jika ada yang mengatakan kepada saya beberapa bulan yang lalu bahwa saya akan berada di sini, di Ryder Cup, saya mungkin tidak akan percaya. Ini merupakan momen yang tegang, tetapi saya mencoba untuk merangkulnya dan menikmatinya." 

Anggota keluarga Rolex lainnya yang terlibat dalam Tim Eropa termasuk Jon Rahm, yang memimpin tim pada pertandingan tunggal Minggu melawan Pemain Dunia No.1 dan rekan Testimonee, Scottie Scheffler, serta Matt Fitzpatrick. 

Kapten Tim Amerika Serikat dan Rolex Testimonee, Zach Johnson, mengatakan jika melihat kilas balik saat ini, maka ia akan mengangkat topi, memberi hormat  kepada Tim Eropa dan Luke.

"Mereka bermain dengan luar biasa dan mereka mendapatkannya. Sangat mengesankan. Kami kalah dalam pertandingan, tetapi kami menunjukkan semangat, kami menunjukkan hati, dan kemudian semuanya menjadi menarik. Saya bersyukur atas masing-masing dari mereka," ujarnya.

Kerukunan antargenerasi, yang dipadukan dengan semangat persaingan internasional, membuat Ryder Cup menjadi acara yang unik, menarik, dan memikat. Ini adalah kompetisi yang memajukan kerja sama tim dan bermain adil – kualitas yang sejalan dengan filosofi inti Rolex dan pencariannya akan ke

Jalinan erat Rolex dan Ryder Cup

Dok. Rolex

Related Topics