Comscore Tracker
LUXURY

Kolaborasi dengan KTM, Brabus Luncurkan Naked Bike 1300 R

Edisi terbatas, hanya diproduksi 154 unit di dunia.

Kolaborasi dengan KTM, Brabus Luncurkan Naked Bike 1300 RBrabus 1300 R/Dok. Brabus

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - Rumah modifikasi terkenal Brabus bekerjasama dengan pabrikan motor KTM membangun motor modifikasi edisi terbatas.

Brabus spesial ini dihadirkan untuk merayakan valentine day 14 Februari 2022. Motor spesial Brabus 1300R ini dibangun, menggunakan KTM 1290 Super Duke R Ego sebagai basisnya, dengan perubahan yang cukup ekstrem dan tampilan yang dirombak total agar makin selaras dengan kinerja mesin yang gahar.

Brabus 1300R yang diproduksi 154 unit saja. Ada dua versi Brabus 1300 R, yakni tersedia dalam warna Magma Red dan Signature Black, dan masing-masing hanya akan dibuat sebanyak 77 unit. 

Mewakili sisi terbaik Brabus dan KTM

Naked bike 1300 R dinilai mewakili sisi terbaik dari kedua merek. Dilansir dari Zigwheels, Kamis (17/2). Mengusung bahasa desain Black and Bold, motor ini menggunakan cat khusus untuk memunculkan karakter berbeda dari Super Duke R. 

Hal menarik lain yang dapat dilihat pada motor modifikasi ini adalah penggunaan pelek Monoblock Z, material bodi karbon kelas atas, dan jok custom-made yang yang dibuat oleh spesialis interior Brabus. Tak ketinggalan, Kursi ekslusif yang memberikan kenyamanan lebih bagi penggunanya yang ingin bertualang.

Dari sisi rangka, sama seperti yang terlihat pada KTM. Penyangga depan menggunakan teleskopik upside-down dan belakang monoshock. Perbedaan Brabus 1300R dari motor standar juga dapat dilihat dari penggunaan lampu depan bundar tunggal bergaya retro, yang berbeda dengan lampu depan “belati” yang digunakan oleh motor KTM lainnya.

Motor Brabus 1300R ini menggunakan serat karbon pada beberapa titik, seperti bodywork, saluran udara dan jok di bawah baki. Selain itu, ada komponen aluminium pada mesin CNC Brabus, termasuk klem rangkap tiga dan pasak kaki.

Ditenagai mesin V-twin berkapasitas ruang bakar 1.301 cc

Dapur pacu Brabus 1300 R memanfaatkan mesin V-twin. Kapasitas ruang bakar 1.301 cc, sanggup berdenyut hingga 180 Hp (182,5 PS) di 9.500 rpm dan torsi puncak 140 Nm di 8.000 rpm. Buncahan tenaga dikawinkan dengan transmisi 6-percepatan plus teknologi slipper clutch

Sementara itu, pengereman ditangani cakram 320 mm di bagian depan, dengan kaliper empat piston Brembo Stylema Monobloc yang dipasang secara radial. Sementara cakram 240 mm dipasang di belakang bersama dua piston Brembo.

Menariknya, motor sudah mengadopsi teknologi Supermoto ABS. Motor ini mampu melesat dari nol hingga seratus km per jam, hanya dalam 3,2 detik

Related Topics

Related Articles