LUXURY

Mercedes-Benz Jual Kendaraan Listrik Seharga Rp37 Juta, Minat Beli?

Mercedes-Benz masuk pasar e-skuter.

Mercedes-Benz Jual Kendaraan Listrik Seharga Rp37 Juta, Minat Beli?Dok. Daimler AG
23 December 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Mercedes-Benz belum lama ini meluncurkan mobil listrik EQ Series di Indonesia dengan harga mulai dari Rp2 miliar sampai Rp3 miliar.  Langkah itu turut mendukung cita-cita pemerintah untuk mencapai target Net Zero Emission (NZE) atau netral karbon pada 2060.

Tak hanya, memproduksi mobil listrik, pabrikan mobil asal Jerman ini ternyata diam-diam merambah ke dunia skuter listrik roda dua. Mercedes-Benz membuat eScooter yang diklaim dapat menempuh jarak 25 kilometer.

eScooter Mercedes-Benz terdapat di PT Suri Motor Indonesia. Namun, eScooter ini belum dijual secara umum dan baru akan dipamerkan pada 27 Desember 2022 sampai 1 Januari 2023 di Pondok Indah Mall (PIM) 1. Skuter listrik ini dibanderol Rp37 juta dan hanya terdapat tujuh unit.

“Ini unitnya langka, cuma ada 7 unit saja, susah masukinnya ke Indonesia. Tapi ini belum dijual, baru mau dipamerin di PIM 1 akhir tahun ini. Harganya Rp37 juta, belum sama pajak 11 persen,” ujar seorang wiraniaga PT Suri Motor Indonesia, melansir IDX Channel, Jumat (23/12).

eScooter produksi Mercedes-Benz lahir berkat kerja sama dengan spesialis mobilitas mikro Swiss, Micro Mobility Systems AG. Mobilitas Mikro bebas emisi adalah salah satu cara untuk mendukung peningkatan kualitas udara.

Spesifikasi eScooter Mercedes-Benz

eScooter besutan Mercedes-Benz dibekali motor listrik bertenaga 500 W (0,5 kWh) yang memiliki kecepatan maksimum 20 km/jam. Dilengkapi dengan baterai berkapasitas 280 Wh dengan lama pengecasan 3,5 jam. 

Desainnya cukup estetik, menarik, dan elegan dengan warna hitam yang mendominasi seluruh bodi skuter listrik ini. Aksen abu-abu dan biru melekat pada pijakan kaki yang menandakan bahwa ini kendaraan yang ramah lingkungan.

Bukan hanya sekedar aksen warna saja, pijakan kakinya juga memiliki lapisan anti selip, dengan ruang kaki yang cukup lebar. eScooter juga dilengkapi suspensi depan dan belakang dengan roda berukuran 20 cm.

Dilihat dari depan, eScooter terlihat eksklusif dengan logo bintang milik Mercedes-Benz pada besi kolom kemudinya. Sedangkan pada sisi samping kolom kemudi, terdapat logo EQ Electric Intelligence by Mercedes-Benz.

Agar mudah dikendarai, kemudinya dapat diatur ketinggiannya sesuai dengan kenyamanan pengendara. Ada pula layar kecil yang berada di tengah stang untuk menunjukkan informasi kecepatan, level baterai, dan mode berkendara, serta terdapat tombol On/Off untuk menghidupkan lampu depan.

Related Topics