Comscore Tracker
LUXURY

Siap-Siap! Ford Raptor Akan Mengaspal di Indonesia. Berapa Harganya?

Unit Ford Raptor diimpor langsung dari Thailand.

Siap-Siap! Ford Raptor Akan Mengaspal di Indonesia. Berapa Harganya?Logo FORD. Shutterstock/Philip Lange

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - Pabrikan otomotif asal Amerika Serikat, Ford segera menghadirkan beberapa model kendaraan terbarunya yang akan dijual di indonesia.  

"Masuk di tahun 2022 ini, varian-varian yang akan dijual di Indonesia itu ada Ford Ranger Raptor, Ford Ranger Wildtrak, Ford Everest yang 4x2 dan 4x4, serta Ford Ranger XLT dan XL. Jadi fokusnya memang lebih banyak di segmen SUV dan double cabin," ujar Marketing Manager Ford RMA Group Indonesia, Muhammad Irvan Mustafa, Kamis (13/1).

Kembalinya Ford ke Tanah Air

Masuknya Ford Ranger Raptor X menandai kembalinya pabrikan mobil asal Amerika itu ke Tanah Air di bawah bendera RMA Group Indonesia.

RMA Group Indonesia sebelumnya memegang kendali untuk layanan aftersales mulai dari servis, spare part, hingga garansi usai Ford Motor Indonesia memutuskan hengkang pada awal tahun 2016. Selain itu, RMA Group Indonesia juga memasarkan merek Mahindra.

Diketahui Ford mendirikan pabrik di Asia tenggara dan RMA Group Indonesia memastikan nantinya mobil Ford yang akan dijual di Indonesia adalah Ford Ranger Raptor X yang akan didatangkan dari Thailand.  

Spesifikasi Ford Ranger Raptor X seharga Rp743,2 juta.

Dikutip dari laman resmi Ford Thailand, tunggangan ini mengusung mesin Diesel 2.000 cc, 4 silinder segaris Bi-Turbo dengan Intercooler. Dapur pacunya dapat menyemburkan tenaga sebesar 213 PS di 3.750 RPM dan torsi tembus 500 Nm di putaran 1.750 hingga 2.000 RPM. 

Mesin yang dipakai oleh Ford Ranger Raptor sudah standar Euro 4 dan menggunakan jenis bahan bakar minimal B20 alias Biodiesel B20. Untuk ukuran tangki bahan bakarnya, tercatat berkapasitas 80 liter. 

Secara dimensi, Ford Ranger Raptor X yang dijual di Thailand hadir dengan ukuran cukup bongsor. Panjangnya tercatat di 5.434 mm, lebarnya 2.035 mm, dan tinggi 1.873 mm. Sedangkan untuk ground clearance-nya tembus 281 mm. 

Ford Ranger Raptor X, menggunakan sok dari pabrikan FOX. Untuk suspensi depannya, Ford menyematkan model aluminum double wishbone. Tak ketinggalan, untuk belakangnya mengandalkan model sok coil-over

Untuk urusan kaki-kaki, Ford Ranger Raptor X menggunakan pelek alloy berdiameter 17 inci. Peleknya ini dibalut ban ukuran 285 profil 70. Di pasar Thailand, Ford Ranger Raptor X dijual dalam empat pilihan warna yakni putih, abu-abu, hitam, dan biru. Sementara untuk banderolnya, Ford Ranger Raptor X dijual seharga 1.729.000 Baht Thailand atau setara dengan Rp743,2 juta.

Related Topics

Related Articles