Comscore Tracker
LUXURY

Wisata Hong Kong Semakin Ramah bagi Turis Muslim, Ini Panduannya

Menjelajah kota dan kuliner, tanpa khawatir sulit beribadah.

Wisata Hong Kong Semakin Ramah bagi Turis Muslim, Ini PanduannyaMasjid Kowloon dan Islamic Centre/Dok. Mstyslav Chernov

by Desy Yuliastuti

Hong Kong, FORTUNE - Hong Kong merupakan wilayah metropolis yang mengesankan. Dengan keberadaan enam masjid dan lebih dari 60 restoran bersertifikat halal, serta mempunyai satu-satunya Disneyland di dunia yang menawarkan banyak pilihan makanan halal, Hong Kong sangat menarik untuk dikunjungi.

“Hong Kong terus berusaha untuk menyempurnakan fasilitas ramah muslim bagi para wisatawan, mulai dari objek wisata kelas dunia,  tempat ibadah yang nyaman bagi umat Muslim, hingga kuliner halal khas Hong Kong,” kata Martin Gwee, Senior Manager, Marketing Hong Kong Tourism, dalam virtual media gathering, Selasa (19/4).

Ustad Syamsuddin Nur Makka membagikan pengalamannya berdakwah di Hong Kong. “Hongkong ramah muslim. Saya menginap dan mudah menemukan masjid yang besar, seperti Islamic Center, seperti tidak di luar negeri. Kita masuk masjid yang ada masyarakat muslim Hong Kong, India, Pakistan. Makanan halal juga tidak sulit ditemukan,” ujarnya.

Andi Rini Poernomo, Pramugari Cathay Pacifik yang sudah menetap di Hong Kong selama 27 tahun mengungkapkan suasana Ramadan yang berkesan. Menurutnya, saat Ramadan tidak perlu khawatir karena masyarakatnya ramah Muslim.

“Hongkong moslem friendly, termasuk saat Ramadan. Teman-teman di Hong Kong mengadakan buka puasa bersama dan kumpul di satu tempat. Ada iftar dan tarawih bersama juga di KJRI. Kita merasa tenang untuk menjelajah dan mengenali Hong Kong, layaknya menjadi bagian dari komunitas muslim di Hong Kong,” ujarnya.

Mengutip laman resmi Hong Kong Tourism Board, berikut panduan terbaik untuk para Muslim yang ingin liburan di Hong Kong. Catat panduannya untuk berwisata kuliner, ataupun jalan-jalan tanpa khawatir karena kebutuhan spiritual tetap terpenuhi.

Kuliner halal di Hong Kong

Hong Kong adalah surga makanan bagi wisatawan Muslim. Makanan yang dijual pun dilengkapi dengan sertifikasi halal yang sesuai. Dari hidangan lokal masakan Kanton hingga Timur Tengah, wisatawan Muslim yang menjelajahi kota hebat ini akan dimanjakan oleh banyaknya pilihan tempat bersantap. Untuk lebih mudah menentukan pilihan, berikut ini daftar rekomendasi utama kami di sebagian area paling populer di kota.

Distrik Central

  • 27 Kebab House 

  • Bombay Dreams 

  • Jashan Celebrating Indian Cuisine 

  • Happy Cow (vegan) 

  • Islamic Centre Canteen

  • Wai Kee (milik warga muslim)

  • Aladin Mess 

  • Jojo Indian Cuisine 

  • Warung Malang Club 

  • Ebeneezer’s Kebab 

  • Himalaya Restaurant 

  • Istanbul Express Turkish Restaurant 

Distrik Tsim Sha Tsui

  • Hung’s Chinese Restaurant (milik warga Muslim)

  • Bismillah Kebab House 

  • Anjappar Chettinad Indian Restaurant 

Disneyland

  • Explorer’s Club Restaurant di Mystic Point 

  • Tahitian Terrace di Adventureland

Masjid terbesar di Distrik kowloon, Hong Kong

Dengan 4,1 persen warga Hong Kong yang mengamalkan agama Islam, jumlahnya terus meningkat dan dengan sendirinya, fasilitas dan aktivitas yang bersahabat bagi kaum Muslim pun semakin banyak untuk dinikmati.

Jika Anda ingin menjelajahi sisi Hong Kong yang berbeda dari lainnya, pertimbangkanlah untuk pergi ke Kowloon. Distrik yang bersahabat bagi kaum Muslim ini akan memberi Anda pengalaman terbaik Hong Kong, sekaligus pikiran yang tenang, karena Anda tahu bahwa semua kebutuhan agama Anda terpenuhi.

Pastikan untuk singgah ke Masjid Kowloon dan Islamic Centre. Terletak di persimpangan Nathan dan Haiphong roads di Tsim Sha Tsui, Masjid Kowloon dan Islamic Centre adalah masjid terbesar di Hong Kong. Seluruh bangunan dilengkapi pendingin ruangan, dan masjid ini adalah salah satu tengara Islam paling ikonis di Hong Kong — dapat menampung hingga 3.500 orang.

Pertama kali didirikan oleh garnisun Muslim yang ditempatkan di daerah tersebut, sekarang dikenal sebagai Taman Kowloon, masjid ini mewakili sejarah unik komunitas Muslim setempat. Imam Ketua di Hong Kong, Mufti Muhammad Arshad, juga sudah mengabdi sebagai Imam dan Khatib masjid ini sejak 2001.

Dengan empat menara setinggi 11 meter, masjid ini tampak sangat megah. Struktur masjid ini juga menggunakan marmer putih pada lantai dan fasadnya, dihiasi jendela berkisi-kisi berikut pernak-pernik di sekelilingnya. Situs budaya yang penting bagi semua, bangunan ini mencakup tiga aula untuk mendirikan sholat, madrasah dan aula komunitas. Aula komunitas yang sama, digunakan oleh berbagai organisasi Muslim untuk mengadakan berbagai program pada peristiwa khusus.

Tak hanya masjid ini, Anda bisa mengunjungi Masjid Jamia di Distrik Central, masjid di area Chai Wan, Masjid Stanley di 53 Tung Tau Wan Road, Stanley, atau Masjid Ammar Osman Ramju Sadick Islamic Centre.

Berkeliling Hong Kong

Jaringan angkutan umum di Hong Kong sangat luas. Anda bisa naik MTR (kereta) dan bis ke hampir semua tempat. Peta MTR membuatnya sungguh mudah untuk berkelana dan para pengunjung juga senang karena kereta penumpang yang sering datang bergantian. 

Tiba di Hong Kong, Anda bisa menggunakan Airport Express. Dari Hong Kong International Airport, ambil Airport Express dan sampai di kota kurang dari 24 menit. Fasilitas ini menyediakan Wi-Fi gratis di kereta, dilengkapi port USB di gerbong pertama dan terakhir pada kereta Airport Express. Jadi, jika perangkat elektronik Anda perlu diisi daya secara cepat.

Setelah semuanya beres, Anda dapat berkelana menjelajahi semua tempat menarik yang ada di Hong Kong. Dan cara terbaik (dan paling terjangkau) untuk berkeliling kota adalah dengan menggunakan angkutan umum. Jika ini merupakan sarana utama Anda untuk berkeliling kota, kami merekomendasikan untuk mengambil kartu Octopus (Octopus Travel Card) alih-alih tiket tunggal atau tiket sepanjang hari, karena lebih ekonomis. Kartunya bisa digunakan pada hampir semua sistem angkutan umum (MTR, bis, dan tram). Kartu ini harus dibayar tunai dan Anda harus menyetorkan HK$50 yang nantinya akan dikembalikan — dikurangi biaya administrasi — saat Anda mengembalikan kartu.

Namun, apabila Anda harus naik taksi, akan lebih praktis untuk menyiapkan alamat tujuan Anda dalam aksara Tiongkok, karena pengemudi taksi lokal tidak begitu fasih berbicara atau memahami bahasa Inggris .

Atraksi yang wajib dikunjungi

Di Hong Kong terdapat begitu banyak tempat menarik yang wajib dikunjungi dan kegiatan yang bisa dilakukan, bahkan perjalanan sepanjang akhir pekan mungkin belum cukup untuk mencakup segalanya.

  • Hong Kong Disneyland 

Jadi tujuan primadona berwisata, bukan hanya penggemar Disney. Banyak variasi wahana, dari yang ramah anak hingga yang menegangkan urat saraf.  

Bagi mereka yang menggemari wahana mencekam, ada RC Racer dan Hyperspace Mountain yang wajib dinaiki. Wahana favorit lainnya adalah Big Grizzly Mountain Runaway Mine Cars. 

Ocean Park

Taman bertema paling tua di Hong Kong dibagi menjadi dua bagian — Waterfront dan Summit. Salah satu bagian paling menarik adalah bepergian dari satu area ke area yang lain, dan tentu saja, naik kereta gantung adalah cara terbaik untuk menikmati pemandangan nan memukau Ocean Park dan panorama di sekelilingnya yang mencengangkan. 

  • The Peak

Baik siang maupun malam, The Peak merupakan tempat sempurna untuk mengagumi cakrawala Hong Kong nan megah! Dan, bukan hanya destinasinya yang seru, tetapi juga saat mendakinya. Tram melaju ke atas pada lereng 45 derajat, jadi pegangan erat-erat jika Anda tidak kebagian tempat duduk.

  • Dragon’s Back

Dragon’s Back; salah satu tujuan  pendakian termudah dan sempurna bagi para pendaki pemula. Anda bisa memilih untuk memulainya dari trek yang paling bawah atau naik bis 9 ke atas hingga mencapai tanda one-hour trek. Pendakian ke atas cukup mudah, meskipun terdapat beberapa bagian yang curam dengan batu karang alih-alih undakan tangga. Anda akan bertemu banyak keluarga dan bahkan pendaki lanjut usia yang juga melakukan pendakian.

Demikian panduan singkat wisata ramah muslim yang dirangkum Fortune Indonesia untuk Anda. Bagaimana, sudah siap untuk liburan ke Hong Kong?Jangan lupa untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan selama Anda berwisata.

Related Articles