Comscore Tracker
LUXURY

9 Barang Antik Termahal di Dunia, Capai Triliunan Rupiah

Tertarik untuk mengoleksi salah satunya?

9 Barang Antik Termahal di Dunia, Capai Triliunan Rupiahilustrasi barang antik (unsplash.com/ Andrew Neel)

by Surti Risanti

Sejumlah barang antik termahal di dunia di bawah ini harganya akan membuat Anda kaget. Barang antik memang memiliki peminat dan nilai tersendiri di mata para kolektor.

Ada juga yang mengatakan barang antik dapat dijadikan investasi karena setiap tahunnya akan mengalami kenaikan.

Namun, tidak semua barang lama termasuk dalam koleksi tersebut. Barang antik adalah benda yang memiliki usia yang sangat tua dan memiliki nilai sejarahnya sendiri.

Simak di bawah ini deretan barang antik termahal di dunia yang nilainya mencapai puluhan hingga ratusan miliar.

1. Lukisan Salvator Mundi (Rp6,68 triliun)

lukisan Salvator Mundi

Barang antik termahal di dunia pertama adalah lukisan Salvator Mundi, salah satu karya dari seniman legendaris Leonardo da Vinci.

Untuk harga lukisan tersebut ditaksir dengan harga yang luar biasa, yakni US$450 juta atau setara Rp6,68 triliun.

2. Koin Amerika Serikat (Rp634 miliar)

Koin Amerika Serikat

Barang antik dengan nilai yang tinggi datang adalah koin Amerika Serikat. Koin tersebut dari dari koleksi seorang banker Louis E. Eliasberg.

Pada tahun 1982, ia berhasil menjual salah satu koinnya yang di cetak di Amerika Serikat seharga Rp634 miliar. Tak perlu jauh-jauh, Indonesia juga memiliki uang kuno yang cukup banyak peminatnya.

3. The Dragon’s Chair (Rp389,2 miliar)

The Dragon’s Chair

The Dragon’s Chair adalah sebuah kursi tahun 1917–1919 karya desainer Irlandia Eileen Grey. Barang ini sempat dilelang beberapa kali, hingga pada tahun 2009 berhasil dilelang di angka Rp389,2 miliar.

4. Patek Philippe Supercomplication Pocket Watch (Rp356 miliar)

Patek Philippe Supercomplication Pocket Watch

Patek Philippe Supercomplication Pocket Watch merupakan jam tangan antik tahun 1932 dan dinamai Gaves Jr. Supercomplication.

Nama tersebut disesuaikan dengan pemesannya, seorang bankir di New York. Jam tangan ini termasuk jam tangan paling rumit yang pernah dibuat pada awal abad ke-20.

Di tahun 2014, Patek Philippe Supercomplication Pocket Watch ini terjual di harga Rp356 miliar.

5. Keramik Tiongkok Moonflask putih (Rp190 miliar)

moonflask putih

Barang antik termahal di dunia adalah keramik Tiongkok yang memiliki usia seribu tahun. Koleksi porselen ini dari dinasti Song, Ming, Qing ini dibanderol seharga Rp853 miliar untuk keseluruhannya.

Ada salah satu dari beberapa koleksi tersebut, yakni Moonflask putih yang memiliki harga yang sangat tinggi. Karya keramik ini memiliki nilai yang cukup tinggi, yaitu Rp190 miliar.

6. Kalung Elizabeth Taylor buatan Cartier (Rp163 miliar)

Kalung Elizabeth Taylor buatan Cartier

Elizabeth Taylor adalah artis 90an ternama dan ikonik.Ia terkenal berkat peran utamanya di film Cleopatra tahun 1963.

Sebuah merek produsen perhiasan di dunia, Cartier, merancang sebuah kalung untuk Elizabeth bernama La Peregrina Pearl abad ke-16.

Setelah Elizabeth tutup usia, kalung ini masuk dalam deretan barang antik dan berhasil dilelang dengan harga US$11 juta atau sama dengan Rp163 miliar.

7. Prangko British Guna 1 Cent Magenta (Rp123 miliar)

Prangko British Guna 1 Cent Magenta

Prangko British Guna 1 Cent Magenta masuk dalam deretan barang antik termahal di dunia dengan harga Rp123 miliar untuk satu buahnya.

Prangko yang terbuat dan diedarkan pada tahun 1856 ini sangat terkenal dan banyak diburu kolektor. Hanya ada satu prangko yang ditemukan selamat dari bekas koloni Inggris Guyana.

8. Arloji Swiss (Rp86 miliar)

Arloji

Arloji atau jam tangan yang dibuat pada masa Revolusi Industri ini berhasil dilelang di acara Sotheby’s New York seharga US$6,1 juta atau setara Rp86 miliar di tahun 2015 lalu.

Dalam acara tersebut, sebanyak 22 arloji Swiss dilelang, beberapa di antaranya masuk dalam kategori barang antik yang langka.

9. Memorabilia legenda sepak bola Pele (Rp70 miliar)

Memorabilia Pele

Legenda sepak bola Pele menjual beberapa koleksi pribadinya untuk mendanai rumah sakit anak-anak di Brazil. Benda tersebut beragam, mulai dari piala, mendali, barang pribadi, hingga memorabilia. Adapun memorabilia tersebut dihargai Rp50 miliar hingga Rp70 miliar.

Itulah tadi sembilan barang antik termahal di dunia. Apakah ada salah satu barang yang membuat Anda tertarik untuk membeli dan mengoleksinya juga?

Related Articles