NEWS

10 Tips Menghadapi Kegagalan Dalam Pekerjaan

Kegagalan dalam pekerjaan bukan akhir dari hidup Anda.

10 Tips Menghadapi Kegagalan Dalam PekerjaanShutterstock/Know How
31 October 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Menjalani pekerjaan tidak selamanya bisa berjalan mulus. Ada kalanya, Anda gagal dalam menjalankan tugas yang diberikan, atau justru berhasil dan mampu memberikan hasil maksimal bagi perusahaan.

Menurut Jobstreet, mengubah kegagalan menjadi kunci kesuksesan memang merupakan hal yang sangat baik untuk dilakukan. Hal tersebut juga bisa menjadi motivasi untuk orang lain yang mengalami hal serupa. Namun, hal ini tak mudah untuk dilakukan.

Banyak proses yang harus Anda lewati untuk bisa mencapai titik ini, Sampai akhirnya bisa menerima kesalahan atau kegagalan yang Anda buat. Untuk lebih memahami cara mengatasinya, berikut ini Fortune Indonesia akan mengulasnya, seperti yang disampaikan Jobstreet.

1. Memahami perasaan 

Memahami perasaan ketika gagal merupakan hal lumrah. Entah Anda merasa marah, atau mungkin kecewa dengan diri sendiri, coba dengarkan apa yang perasaan Anda ingin sampaikan.

Dengan melakukan hal ini, Anda dapat memvalidasi perasaan sebagai kunci untuk dapat melangkah untuk menjadi lebih baik.

2. Mengelola emosi dengan baik

Kecewa dengan keputusan yang telah dilakukan di saat gagal melakukan sesuatu juga biasanya kerap terjadi. Bahkan, situasi ini bisa membuat Anda sulit untuk mengelola emosi yang dirasakan, dan menbahayakan berbagai kegiatan lainnya. 

Untuk mengelola emosi, Anda dapat mengambil istirahat sejenak agar pikiran bisa kembali tenang. Beberapa hal seperti menarik dan menghembuskan napas dengan hitungan, melihat pemandangan, atau sekedar makan makanan yang Anda sukai, bisa dilakukan untuk membantu mengelola emosi jadi lebih baik.

Related Topics