NEWS

5 Pasar Tradisional Unik yang Ada di Indonesia

Pasar tradisional jadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

5 Pasar Tradisional Unik yang Ada di Indonesiailustrasi pasar (unsplash.com/Jacopo Maia)
19 January 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNEPasar Tradisional adalah bagian dari kebudayaan bangsa Indonesia yang sudah terbangun di sepanjang peradaban Nusantara. Di tengah modernisasi dan kemunculan pasar-pasar modern seperti mall sampai bursa efek Indonesia, tahukah Anda bahwa masih ada sejumlah pasar di Indonesia yang tidak hanya tradisional, namun juga unik dan menarik untuk dikunjungi?

Keberadaan pasar erat dengan masyarakat Indonesia dari zaman ke zaman. Baik sebagai lokasi terjadinya transaksi jual beli barang-barang kebutuhan atau pusat berkumpulnya berbagai aktifitas masyarakat, pasar tampaknya akan terus ada di tengah masyarakat Indonesia.

Pasar tradisional ada juga di banyak negara, namun Indonesia memiliki kekayaan budaya yang memunculkan sejumlah pasar tradisional unik di berbagai daerah, yang bisa jadi daya tarik pariwisata bagi wisatawan dari dalam maupun luar negeri.

Mengutip ulasan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), berikut ini beberapa pasar tradisional unik yang masih beroperasi di Indonesia sampai saat ini.

1. Pasar Terapung Muara Kuin, Banjarmasin.

Pasar Terapung Muara Kuin, Banjarmasin.
Pasar Terapung Muara Kuin, Banjarmasin. (Diskominfo Banjarmasin Kota)

Pasar ini sudah eksis selama kurang lebih 400 tahun di atas Sungai Muara Kuin, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Destinasi pasar tradisional ini jadi menarik, karena mekanisme perdagangan yang dilakukan di atas Sungai dengan menggunakan perahu dan sistem barter yang dilakukan antar pedagang–disebut Bapanduk.

Biasanya, pasar ini menjual barang-barang kebutuhan konsumsi sehari-hari, mulai dari sayuran, buah-buahan, hasil kebun, kue, ikan, dan dagangan lainnya. Adapun Pasar Terapung Muara Kuin beroperasi mulai jam 5 pagi sampai jam 9 pagi di waktu Indonesia bagian tengah.

2. Pasar Bisu, Tanah Datar.

Pasar Bisu, Tanah Datar.
Pasar Bisu, Tanah Datar. (eportal.id)

Related Topics