NEWS

Dukung Pemilu dan Pilkada 2024, Pemerintah Siapkan APBN dan APBD

KPU dan Bawaslu yang baru dilantik diminta segera bekerja.

Dukung Pemilu dan Pilkada 2024, Pemerintah Siapkan APBN dan APBDPresiden RI Jokowi melantik anggota KPU dan anggota Bawaslu Masa Jabatan Tahun 2022-2027, di Istana Negara, Jakarta. (dok. Setkab)
13 April 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah mendukung pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Adapun Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) diminta melakukan persiapan secara matang dan transparan.  

“Ini penting  karena untuk pertama kalinya kita akan menyelenggarakan pileg, pilpres, dan pilkada dalam tahun yang sama, sehingga KPU dan Bawaslu harus segera mempersiapkan semuanya secara detail dan matang, menjaga agar kualitas demokrasi tetap terjaga,” ujar Presiden dalam keterangan yang dikutip dari laman setkab, Rabu (13/4).

Jokowi menyampaikan bahwa pesta demokrasi tetap akan dilaksanakan serentak sesuai rencana, pada Februari 2024. Ada pun tahapan awal persiapannya akan dimulai pada 14 Juni 2022.

Presiden minta anggota KPU dan Bawaslu untuk segera bekerja

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. (dok. Setkab)

Presiden baru melantik anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), pada Selasa (12/4). Ia berharap para anggota yang baru dilantik dapat langsung bekerja menyiapkan penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024.

“KPU dan Bawaslu Dapat segera tancap gas, langsung berkoordinasi dengan DPR dan pemerintah menjalankan tugas dan kewenangannya untuk mempersiapkan pemilu dan pilkada serentak sesuai dengan tahapan yang sudah ditentukan pada tahun 2024,” ujar Jokowi.

Jokowi juga berpesan pada KPU agar menekankan pendidikan politik pada masyarakat. “Jangan lagi membuat masyarakat terprovokasi oleh isu-isu politik identitas. Kita ajak masyarakat menyambut pemilu dengan gembira sebagai pesta demokrasi rakyat,” ucapnya.

Kesiapan KPU dan Bawaslu menjalankan tugasnya

Presiden Jokowi memberi ucapan selamat kepada anggota KPU dan Bawaslu periode 2022-2027 yang baru saja dilantik, di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (12/4).
Presiden Jokowi memberi ucapan selamat kepada anggota KPU dan Bawaslu periode 2022-2027 yang baru saja dilantik, di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (12/4). (dok. Setkab)

Related Topics