NEWS

Kenali Faktor Penyebab Harga Mobil Bekas Anjlok

Sebelum menjual, pahami situasi pasar sampai fisik mobil.

Kenali Faktor Penyebab Harga Mobil Bekas AnjlokIlustrasi penjualan mobil bekas Caroline.
13 July 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Dalam jual-beli mobil bekas, ada banyak faktor yang mempengaruhi harga, tak seperti ketika Anda membeli mobil baru dari showroom. Untuk itu, kenali beberapa faktor penyebab anjloknya harga jual mobil bekas. 

Anjloknya harga jual mobil bekas tentu bukan suatu hal yang diinginkan, jika Anda merupakan pihak penjual. Sebaliknya, saat ingin membeli, sebaiknya ketahui dulu kisaran harga mobil bekas tersebut, sesuai kondisi riilnya.

Dengan memahami faktor tadi, ketika menjadi pembeli maupun penjual mobil bekas, Anda bisa menentukan kisaran harga dengan tepat, termasuk menawar kepada para penjual.

Head of Centralized Purchase of Autopedia, Vendri Iskar, mengatakan bahwa terdapat sejumlah faktor yang memengaruhi tinggi-rendahnya harga mobil bekas, mulai dari situasi pasar, sampai kondisi fisik mobil tersebut. Berikut ulasannya. 

Situasi pasar

Faktor pertama, menurut Vendri, adalah penyegaran model dan dealer mobil baru yang memberikan diskon besar-besaran. Hal ini disebabkan, agen pemegang merek meluncurkan jenis baru, sementara kendaraan terdahulu masih memiliki banyak stok.

Jika tipe tertentu mau diluncurkan, bisa menyebabkan kendaraan bekas dengan tipe ang sama mulai turun harga, apalagi bila stoknya masih banyak. “Bisa dengan DP ceper (rendah) gitu, sehingga kami menjual mobil bekasnya gitu ya tidak bisa terjual akhirnya apa? Harganya mulai turun ya, itu dari sisi market," katanya kepada awak media, Rabu (12/7).

Kondisi fisik mobil

Pada sisi kendaraan, hal yang menyebabkan harga turun adalah kondisi mobil yang tidak terawatat, bahkan bisa sampai berkarat. Karat kecil pun dapat menyebar dan mempengaruhi bagian yang lebih penting seperti suspensi, sasis, dan bagian lainnya.

Mobil yang bekas kecelakaan juga bisa jadi pertimbangan turunnya harga jual, terlebih jika kecelakaan yang pernah terjadi menyebabkan kondisi fisik mobil tak lagi sempurna. “Sebab, kita tidak dapat benar-benar mengetahui seberapa besar kerusakan yang telah terjadi pada kendaraan tersebut,” ujarnya.

Dari sisi eksterior, kondisi mobil bisa ditandai bekas tabrak atau tidak, kemudian pernah dicat atau tidak. “Kami sering melakukan pengecekan apakah dia pernah didempul atau tidak gitu ya. itu juga akan mengurangi kemudian interior, interior itu juga sangat pengaruh. Head unit-nya itu ori atau tidak," katanya.

Related Topics