NEWS

Hal yang Perlu Anda Hindari Saat Liburan Kelompok

Liburan berkelompok lebih seru tapi butuh banyak pemahaman.

Hal yang Perlu Anda Hindari Saat Liburan KelompokIlustrasi wisata pegunungan premium yang dikelola Club Med. (dok. Club Med)
19 April 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNELiburan bersama teman atau saudara memang lebih menyenangkan dibandingkan melakukannya sendiri. Bukan hanya keseruan saja, namun juga pembagian tugas dan biaya yang dikeluarkan juga bisa lebih ringan, karena lebih banyak orang yang bergabung. Namun, ada beberapa hal yang perlu dihindari saat liburan bersama-sama.

Mengutip Huffpost.com, perjalanan berkelompok adalah cara terbaik untuk menjelajahi tujuan baru dan menciptakan kenangan seumur hidup sambil terhubung dengan orang-orang terkasih. Namun, dengan kepriabadian dan preferensi yang berbeda, masalah bisa saja muncul.

Pendiri aplikasi Let’s Jetty, Wendy Diep, mengatakan bahwa pengalaman buruk perjalanan liburan bersama bukan dari perjalanannya. “Biasanya hal ini disebabkan oleh perencanaan yang buruk, kurangnya komunikasi, dan ekspektasi yang tidak terpenuhi,” katanya seperti dikutip dari Huffpost, Jumat (19/4).

Berikut ini, berdasarkan artikel yang diunggah, Fortune Indonesia akan mengulas beberapa hal yang perlu dihindari saat bepergian liburan bersama dalam kelompok.

Merencanakan liburan tanpa strategi pembagian biaya

Pembagian biaya jelas akan meringankan liburan yang Anda rencanakan. Jangan sampai liburan yang seharusnya menyenangkan, justru berakhir membosankan karena Anda harus menanggung biaya anggota kelompok liburan lainnya.

Jadi, pastikan semua yang ikut dalam rencana liburan Anda, mendapat besaran pembagian biayanya masing-masing. Jangan lupa terapkan prinsip yang terperinci, dan seadil mungkin, agar liburan Anda tetap menyenangkan bagi semua yang ikut di dalamnya.

Anggaran yang tidak transparan

Selain biaya penginapan, konsumsi, atau transportasi, Anda juga harus ingat ada biaya-biaya kecil yang perlu dibicarakan dengan kelompok liburan Anda, seperti parkir, tol, atau jajanan. Hal ini perlu diperjelas, agar strategi pembagian biaya Anda bisa transparan dan jelas bagi semua anggota kelompok liburan.

Biasakan dalam menyusun anggaran biaya liburan, lakukan dengan rinci dan detail, sehingga tidak membingungkan saat dibagi dan bisa diterima oleh semua anggota yang akan bepergian bersama Anda.

Related Topics