NEWS

Lewat M20, Industri Musik Menyuarakan Isu Penting Dalam Forum G20

Inklusivitas adalah poin penting dalam komunike M20.

Lewat M20, Industri Musik Menyuarakan Isu Penting Dalam Forum G20Ketua Komite Pelaksana M20, Tantowi Yahya. (Tangkapan layar)
09 November 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Industri musik bisa menjadi saluran komunikasi efektif untuk menyuarakan berbagai isu global yang dikumandangkan oleh berbagai negara dalam forum-forum internasional, seperti halnya G20.

Ketua Komite Pelaksana M20 (Music-20), Tantowi Yahya, mengatakan para pelaku industri musik siap membantu meringankan tugas pemerintah negara G20 dalam menyuarakan solusi berbagai permasalahan global kepada masyarakat.

“Mereka (pemusik) bisa menyuarakan pesan-pesan lingkungan, pendidikan, keselarasan ekosistem, kemudian perdamaian, dan juga keadilan dalam mengakses industri di bidang ekonomi di musik dan juga ekonomi hijau, itu menjadi mudah dicerna oleh masyarakat,” ujar Tantowi dalam sebuah wawancara daring, Selasa (8/11).

Lebih lanjut, Tantowi mengatakan M20 adalah kali pertama sektor musik diberi wahana untuk menunjukkan diri sebagai instrumen lentur untuk menyampaikan pesan-pesan kepada khalayak luas. “Kami mempersiapkan ini hanya dalam waktu 7 bulan,” katanya.

Situasi kondusif

Ilustrasi Studio rekaman.
Ilustrasi Studio rekaman. (Shutterstock/Gorodenkoff)

Untuk bisa berkontribusi dalam pemulihan ekonomi global, industri musik harus dalam kondisi yang kondusif untuk terus hidup, katanya. “Artinya ada dukungan pemerintah, kemudian ada demand dari masyarakat. Ini kaitannya pada peningkatan pendapatan, peningkatan taraf ekonomi. Itu akan membuat industri musik itu–baik rekaman maupun pertunjukkan–akan hidup,” ujarnya.

Ia mencontohkan band asal Yogyakarta, Sheila on 7, yang sukses menjual tiket konsernya sampai ludes hanya dalam hitungan 30 menit. Padahal, konser tersebut masih akan digelar pada awal 2023 di JIEXPO Kemayoran Jakarta. “Situasi kondusif seperti inilah yang akan merangsang terjadinya pertumbuhan industri musik Indonesia, yang pada akhirnya akan berujung pada peningkatan taraf ekonomi para pelakunya,” kata Tantowi.

Komunike M20

Ilustrasi studio rekaman.
Ilustrasi studio rekaman. (shutterstock/PriceOfLove)

Related Topics