NEWS

Mantan PM Jepang, Shinzo Abe Ditembak Orang Tak Dikenal

Padahal, peraturan kepemilikan senjata di Jepang amat ketat.

Mantan PM Jepang, Shinzo Abe Ditembak Orang Tak DikenalMantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe. (Shutterstock/DropofLight)
08 July 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Mantan Perdana menteri Jepang, Shinzo Abe, ditembak orang tak dikenal pada Jumat (8/7), saat berkampanye di kota Nara, Jepang.

Kepala Sekretaris Kabinet Hirokazu Matsuno mengatakan bahwa Abe ditembak pada pukul 11.30 waktu setempat. "Apapun alasannya, tindakan barbar seperti itu tidak akan pernah bisa ditoleransi, dan kami mengutuk keras itu,” ujarnya seperti dikutip dari CNA, Jumat (8/7).

Diketahui, pihak berwenang telah menangkap seorang pria berusia 42 tahun yang diduga telah menembak Abe. Salah satu penyiar media nasional NHK mengatakan bahwa orang tersebut menggunakan senjata buatan tangan.

Laporan saksi mata di lapangan

Ilustrasi penembak.
Ilustrasi penembak. (Pixabay/howlieakat)

NHK menunjukkan video Abe ketika sedang berpidato kampanye pemilihan di luar stasiun kereta api kota Nara. Ketika dua tembakan terdengar, setelah itu pandangan dikaburkan sebentar dan pejabat keamanan terlihat menangani seorang pria di tanah.

Kepulan asap di belakang Abe terlihat dalam video terpisah yang ditayangkan di NHK. “Dia memberikan pidato dan seorang pria datang dari belakang,” kata seorang wanita yang menyaksikan di tempat kejadian kepada NHK.

“Tembakan pertama terdengar seperti mainan. Dia tidak jatuh dan ada ledakan besar. Tembakan kedua lebih terlihat, Anda bisa melihat percikan dan asap,” kata wanita tersebut. “Setelah tembakan kedua, orang-orang mengelilinginya dan memberinya pijatan jantung.”

Kondisi terakhir Abe dilaporkan tampak seperti terkena serangan jantung, meski awalnya sadar dan responsif. TBS Television melaporkan Abe tertembak di sisi kiri dadanya, dan juga di leher.

Tragedi yang bisa mengubah Jepang

Ilustrasi bendera Jepang.
Ilustrasi bendera Jepang. (Pixabay/chickenonline)

Related Topics