NEWS

Memahami Game Online dan Jenis-Jenisnya

Game online bisa jadi bisnis yang potensial.

Memahami Game Online dan Jenis-JenisnyaSesorang yang sedang bermain game FPS (Unsplash/@florianolv)
23 February 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Indonesia mrupakan salah satu pasar besar bagi industri game global, bahkan menurut data Kemenparekraf pasar game Indonesia bernilai US$1.117 juta atau sekitar Rp17,42 triliun, dan sebanyak US$343 juta (Rp5,35 triliun) merupakan nilai dari pasar Game Online.

Laman IGI Global mengutip buku berjudul Handbook of Research on Effective Electronic Gaming in Education dan mendefiniskan game online sebagai permainan yang dimainkan melalui beberapa bentuk jaringan computer atau internet. Game online mencakup game sederhana berbasis teks hingga game yang menggabungkan grafik kompleks dan dunia virtual yang dihuni oleh banyak pemain secara bersamaan.

Andrew Rollings dan Ernest Adams mendefinisikan game online sebagai sebuah teknologi dan bukan genre. Selain itu, istilah ini adalah sebuah mekanisme untuk menghubungkan pemain, bukannya model permainan itu sendiri.

Dalam perkembangannya, game online diawali dengan permainan komputer personal (PC) di akhir tahun 60-an, namun seiring pesatnya teknologi, kini game online sudah bisa dimainkan di ponsel pintar dan berbagai konsol yang semakin canggih.

Dalam game online, terdapat dua unsur utama, yaitu server dan client. Seperti diketahui, server melakukan administrasi permainan dan menghubungkan client. Sementara, client adalah pengguna permainan yang memakai kemampuan server.

Berikut  jenis-jenis game online yang saat ini dimainkan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Massively Multiplayer Online First-person shooter games (MMOFPS)

Jenis permainan ini fokus pada pandangan orang pertama, sehingga seolah-olah pemain berada dalam sudut pandang tokoh karakter yang dimainkan, dengan kemampuan yang berbeda dalam tingkat akurasi, refleks, dan lain sebagainya.

Dalan genre perang misalnya, yang terlihat biasanya tangan yang memegang senjata. Sementara pada game balapan mobil, yang terlihat adalah stir mobil, tangan dan pemandangan dan kaca depan mobil. Contoh permainan jenis ini, antara lain Counter Strike atau Call of Duty.

Massively Multiplayer Online Real-time strategy games (MMORTS)

Jenis permainan ini biasanya menekankan kepada kehebatan strategi pemainnya. Permainan ini memiliki ciri khas, di mana pemain harus mengelola suatu dunia maya dan mengatur strategi dalam waktu apapun.

Dalam jenis game RTS, tema permainan bisa berupa sejarah (misalnya seri Age of Empires), fantasi (misalnya Warcraft), dan fiksi ilmiah (misalnya Star Wars).

Related Topics