NEWS

Mengenal Tarif Integrasi yang Akan Diterapkan Pada KCJB

Terintegrasi dengan moda transportasi lainnya.

Mengenal Tarif Integrasi yang Akan Diterapkan Pada KCJBIlutrasi: Kereta Cepat Jakarta Bandung yang sedang uji coba. (Dok. Istimewa)
14 September 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC), operator transportasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) mengusulkan tarif integrasi sebesar Rp300.000.

Direktur Utama PT KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi, mengatakan besaran ini nantinya sudah termasuk dengan jenis transportasi lainnya. “Sudah sama Feeder dan LRT, tapi kan kita masih diskusikan dengan KAI dan LRT,” ujarnya di Stasiun KCJB Halim, Rabu (13/9).

Besaran biaya tarif integrasi ini berbeda dengan harga tiket untuk KCJB saja. Lalu, apa sebenarnya tarif integrasi angkutan umum, seperti yang mau diterapkan di KCJB? Berikut ini, ulasannya dengan mengutip dari sejumlah sumber.

Pengertian

berpergian menggunakan MRT Jakarta
ilustrasi berpergian menggunakan MRT Jakarta (instagram.com/mrtjkt)

Tarif integrasi yang direncanakan akan diterapkan pada KCJB bukanlah yang pertama kali. Sebelumnya, sistem ini juga sudah diterapkan pada sejumlah moda transportasi, salah satunya JakLingko yang terus dikembangkan sebagai sistem transportasi di DKI Jakarta.

Mengutip laman resmi jaklingkoindonesia.co.id, tarif Integrasi merupakan biaya yang dikeluarkan seseorang ketika naik lebih dari satu transportasi umum. Disebut integrasi, karena tarif ini melibatkan sejumlah moda transportasi yang salaing terhubung, seperti MRT Jakarta, LRT Jakarta, atau sarana bus TransJakarta.

Sebagai ilustrasi, sistem tarif integrasi di JakLingko saat ini maksimalnya adalah Rp10.000. Tarif Integrasi akan terhitung ketika penumpang berpindah moda, dengan biaya tetap awal Rp2.500 dan tarif per kilometer adalah Rp250.

Masyarakat dapat menikmati Tarif Integrasi melalui Aplikasi JakLingko, dengan membeli tiket tujuan menggunakan multimoda atau lebih dari satu jenis transportasi umum. Secara otomatis tarif yang didapatkan adalah Tarif Integrasi.

Tiket perjalanan yang dipesan melalui aplikasi JakLingko akan kadaluarsa pada pukul 03.00 pagi. Selain itu, Tarif Integrasi juga berlaku pada Kartu Uang Elektronik (KUE) dan berlaku selama kurun waktu 180 menit.

Perbedaan dengan tarif normal

Mikrotrans JakLingko
ilustrasi Mikrotrans JakLingko (wikipedia.org/Fadly Kurniadi)

Related Topics