NEWS

Dinamika Energi Global Jadi Fokus Bahasan Pertemuan Kedua ETWG G20

Upaya capai kesepakatan percepatan transisi energi dunia.

Dinamika Energi Global Jadi Fokus Bahasan Pertemuan Kedua ETWG G20Shutterstock/ petrmalinak
17 June 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Dinamika energi global jadi fokus utama pertemuan kedua kelompok kerja transisi energi G20 (Energy Transition Working Group/ETWG) pada 23-24 Juni mendatang.

Chair ETWG, Yudo Dwinanda Priaadi, mengatakan dinamika global berpengaruh pada percepatan transisi energi. Oleh karena itu, ketahanan energi, transisi energi, dan kerja sama antarnegara perlu segera disiapkan untuk menghadapi dampak energi global.

“Kemi ingin menyempaikan ke dunia, bagaimana ketiga isu tersebut menjawab tantangan global terkini,” ujarnya seperti dikutip dari laman Kementerian ESDM, Kamis (16/6).

Ketiga isu tersebut merupakan kunci bagi tegaknya tiga pilar ETWG Presidensi Indonesia untuk mencapai kesepakatan global dalam percepatan transisi energi, yakni aksesibilitas energi, peningkatan teknologi energi bersih, dan peningkatan pembiayaan energi.

Banyak negara amankan pasokan energi

Chair ETWG G20, Yudo Dwinanda Priaadi.
Chair ETWG G20, Yudo Dwinanda Priaadi. (Tangkapan layar)

Dalam menghadapi dinamika global, menurut Yudo, banyak negara tengah berjuang mengamankan pasokan dan mengatasi kenaikan harga energi, baik gas, minyak dan listrik. Oleh karena itu, pembahasan terkait ketahanan energi menjadi perhatian pada pertemuan kedua ETWG.

“Lonjakan harga energi primer yang salah satunya akibat dampak dari pemulihan ekonomi paska pandemi harus diimbangi dengan upaya meningkatkan ketahanan energi yang berkelanjutan. Ini yang harus segera diantisipasi oleh Indonesia,” kata Yudo.

Momentum berharga transisi energi

Ilustrasi bauran energi baru terbarukan. ANTARA FOTO/Arnas Padda

Related Topics