NEWS

Riset JobStreet: Rerata Gaji Industri MICE Turun 7,77% Secara Tahunan

Disebabkan pelaku usaha mulai kurangi biaya operasional.

Riset JobStreet: Rerata Gaji Industri MICE Turun 7,77% Secara TahunanPengunjung padati pameran otomotif GIIAS 2023 / dok. Seven Event
29 September 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – JobStreet by SEEK merilis laporan tentang ‘Panduan Gaji 2023’. Dari laporan tersebut terungkap, pada industri Meetings, Incentives, Conferences, and Exhibitions (MICE) terjadi penurunan gaji 7,7 persen secara tahunan.

Dari laporran tersebut tertulis, penurunan yang terjadi kemungkinan disebabkan karena para pelaku usaha mengurangi biaya operasional, yang secara tak langsung mempengaruhi biaya pemasaran yang kadang dianggap sebagai biaya non-esensial.

“Lanskap rekrutmen di Indonesia saat ini mencerminkan tren persaingan usaha yang meningkat, sehingga perusahaan fokus pada pertumbuhan bisnis dengan meningkatkan produktivitas dan efisiensi operasional,” kata Country Marketing Manager-Indonesia, JobStreet by SEEK, Sawitri, dalam keterangan resmi, Jumat (29/9).

Laporan gaji tersebut juga mencatat, beberapa industri lain yang mengalami penurunan gaji di atas tiga persen di antaranya Media dan Periklanan; serta Pemasaran. Penurunan gaji di masing-masing industri tersebut, secara tahunan mencapai 4,94 persen dan 5,27 persen.

Sementara, industri Komputer/TI–meski secara umum mengalami kenaikan gaji–pada empat  jabatan (salah satunya manajer senior) justru mengalami penurunan dan menjadikannya sebagai industri yang paling berisiko bagi para pekerja.

Relatif stabil

rapat perusahaan
ilustrasi rapat perusahaan (unsplash.com/wocintechchat)

Meski demikian, secara umum, gaji pekerja di Indonesia relatif stabil dari tahun 2022. Sebanyak 95,7 persen industri tidak menunjukkan adanya perubahan gaji median yang signifikan dibanding tahun lalu.

Beberapa industri tercatat mengalami kenaikan gaji terbesar, yakni Travel & Pariwisata dengan kenaikan 3,90 persen; Telekomunikasi naik 2,22 persen; dan Hiburan yang naik sampai 2,16 persen.

Sawitri mengatakan bahwa perusahaan membutuhkan talenta terbaik guna mendorong profitabilitas dan peningkatan layanan pelanggan di saat bersamaan.

Kompetisi dalam merekrut talenta dengan produktivitas tinggi di bidangnya menjadi tantangan terbesar perusahaan, terutama untuk spesialisasi tertentu yang sulit diisi. "Di sini lah gaji menjadi faktor penting dalam menarik kandidat terbaik, maupun untuk menjaga talenta yang sudah ada di perusahaan,” ujarnya.

Bukan satu-satunya alasan

Dok. Sens Hotel & Spa + Conference Ubud Town Centre

Related Topics