NEWS

Tangani Bencana Banjir Jayapura, Kementerian PUPR Kerahkan Alat Berat

Ada 7.005 warga Kota Jayapura terdampak bencana.

Tangani Bencana Banjir Jayapura, Kementerian PUPR Kerahkan Alat BeratSuasana Pasar Youtefa yang terendam banjir di Abepura, Jayapura, Papua, Jumat (7/1/2022). Berdasarkan data BNPB hujan lebat dan tanah longsor di sejumlah wilayah Jayapura telah mengakibatkan enam orang meninggal dunia. (ANTARA FOTO/Fredy Fakdawer)
10 January 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), menyiapkan sejumlah langkah penanganan darurat pasca bencana banjir dan tanah longsor di kota Jayapura, Papua, pada Kamis (6/1). Kementerian PUPR mulai mengerahkan alat berat untuk membersihkan sampah di sungai-sungai dan di ruas-ruas jalan yang terdampak.

Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja sekaligus Juru Bicara Kementerian PUPR mengatakan, pihaknya mengerahkan 12 unit dump truck, 3 excavator mini, serta 2 excavator besar.

“Kami juga mendapatkan bantuan tambahan alat berat dari Kepolisian berupa 3 unit excavator besar dan 1 loader, serta 2 Dump Truck dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jayapura," katanya seperti tertulis di laman Kementerian PUPR (10/1).

Endra mengatakan bahwa Wakil Menteri PUPR, John Wempi Wetipo; bersama Direktur Sungai dan Pantai, Bob A. Lombogia; serta Direktur Operasi dan Pemeliharaan Sumber Daya Air, Adenan Rasyid; saat ini berada di Jayapura untuk memimpin langsung upaya penanganan baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

Rencana penanganan jangka pendek dan panjang

Menurut Endra, pengerahan alat berat ini terkait dengan penanganan jangka panjang dan pendek yang sudah direncanakan. Untuk jangka pendek, pihaknya akan segera menormalisasi 3 sungai, yakni Siborgonyi, Acai, dan Makanoay. Menurut tim PUPR, salah satu penyebab banjir adalah sedimentasi sungai dan penyumbatan sampah.

Selain itu,pihaknya juga akan melakukan pembersihan di beberapa ruas jalan yang terdampak banjir. Terdapat 4 ruas jalan nasional yang terdampak, yaitu Jl.Kelapa Dua , Abepura ruas Bts. Kota Jayapura/Kab. Keerom, ruas Jayapura – Sentani, dan Jalan Raya Abepura (Abepura).

"Saat ini semua ruas tersebut sudah dilakukan pembersihan dengan alat berat dan sudah dapat dilalui kendaraan dengan lancar," ujarnya dikutip dari laman Kementerian PUPR (10/1).

Sementara, untuk penanganan jangka panjang, KemenPUPR akan membangun sejumlah infrastruktur untuk konservasi air dan pengendalian banjir. "Di antaranya kami usulkan  pembangunan kolam retensi di Kawasan Organda Baru, pembangunan parapet di Sungai Acay dan Sungai Siborgonyi, serta pembangunan checkdam di hulu Sungai Makanoay," ujar Endra.

Jumlah warga terdampak bencana

Terdapat sekitar 7.005 warga Kota Jayapura dilaporkan terdampak bencana banjir dan tanah longsor. Mereka umumnya bermukim di empat distrik, yakni Jayapura Utara, Jayapura Selatan, Abepura, dan Heram.

Melansir pemberitaan Antara (9/1), mereka yang terdampak bencana, sebagian besar enggan untuk mengungsi dan tetao memilih untuk tinggal di rumah masing-masing. “Namun ada dua lokasi yang menjadi tempat penampungan yang menampung warga yang mengungsi, yakni GOR Trikora sebanyak 198 orang dan Diklat Sosial hanya menampung 12 orang,” ujar Wakil Wali Kota Jayapura yang juga menjadi Ketua Tanggap Darurat Bencana Alam, Rustan Saru.

Rustan menyampaikan bahwa terdapat sekitar 105 orang yang sakit dan sedang dalam penanganan tim medis. Umumnya, penyakit yang diderita adalah infeksi saluran pernafasan, gatal-gatal, serta darah tinggi.

Related Topics