NEWS

Hadirkan Yummy Expo 2024, Yummy Dukung Pertumbuhan Industri F&B

Acara bakal digelar di Hall A1-A3 JIExpo Kemayoran.

Hadirkan Yummy Expo 2024, Yummy Dukung Pertumbuhan Industri F&Bsource_name
24 April 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Pesatnya pertumbuhan industri F&B di Indonesia saat ini tecermin pada data dari McKinsey & Co. Riset mereka menunjukkan pengeluaran tahunan untuk makanan dan minuman di Indonesia meningkat 15,5 persen pada 2023.

Selain itu, data dari Kementerian Perindustrian juga menunjukkan 1,68 juta unit usaha makanan dan minuman berkontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) domestik pada tahun yang sama.

Namun, di tengah adanya peningkatan tersebut, industri F&B juga menghadapi banyak tantangan, seperti adanya ketidakpastian dalam pasokan bahan baku, persaingan pasar dan inovasi produk, serta sulitnya akses pemasaran.

Sebagai upaya untuk menjawab tantangan tersebut dan mendukung pertumbuhan industri F&B di Indonesia, Yummy menghadirkan Yummy Expo 2024.

Yummy Expo adalah sebuah growth platform untuk industri F&B di Indonesia yang menjembatani kesenjangan antara suppliers dan buyers pada industri F&B baik melalui platform digital maupun Expo.

Dengan mempromosikan dan memfasilitasi pembelian, kolaborasi, inovasi, dan menghadirkan bisnis dari skala kecil hingga besar, Yummy Expo menciptakan ekosistem yang dinamis untuk pertumbuhan dan ekspansi industri F&B.

Menurut Annisa Paramita, Head of Yummy, kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi Yummy untuk industri F&B di Tanah Air.

"Melalui Yummy Expo 2024, kami ingin membantu para pengusaha F&B dengan menyediakan platform yang lengkap untuk belajar, berjejaring, dan mengembangkan bisnis mereka. Kami harap Yummy Expo 2024 dapat menjadi katalisator bagi terciptanya kolaborasi dan inovasi baru di industri F&B, dan pada akhirnya, membawa manfaat bagi semua pecinta kuliner di Indonesia," ujarnya dalam siaran pers (23/4).

Yummy Expo, yang bakal digelar pada 17-19 Oktober 2024 di Hall A1-A3 JIExpo Kemayoran, memfasilitasi networking dan kemitraan yang mendorong industri F&B ke  depan, menumbuhkan kreativitas dan keberlanjutan bagi semua pemangku kepentingan. Membawa konsep “The Supermarket for All F&B Stakeholders”, Yummy Expo 2024 ingin menunjukkan keberagaman, inovasi, serta aksesibilitas di dunia F&B yang ada di Indonesia.

Dengan konsep ini, Yummy Expo 2024 tidak hanya hadir bagi para end-customer, namun juga menjadi one-stop food expo yang memudahkan pengusaha muda pada bidang F&B dalam mencari bahan baku terbaik untuk bisnisnya.

Tahun ini, Explore menjadi salah satu fondasi utama dari penyelenggaraan Yummy Expo 2024, dengan harapan dapat menjadi platform yang menyajikan inovasi terbaru, bahan baku, peralatan, layanan dan wawasan terbaik yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis F&B.

Melalui kegiatan workshop & cooking demo serta educational seminars & panel dengan sejumlah narasumber yang berpengalaman di bidang kuliner, para peserta yang hadir dapat membangun pengetahuan yang lebih mendalam lagi mengenai industri F&B.

William Utomo, COO IDN Media, menyatakan, “Industri F&B di Indonesia sedang mengalami peningkatan saat ini, namun juga menghadapi banyak tantangan. Melalui Yummy Expo 2024, kami ingin membantu para pengusaha F&B dengan menyediakan platform untuk menemukan bahan baku, peralatan, dan wawasan terbaik, serta membangun koneksi baru.”

Pernyataan William tersebut tidak berpijak pada alas rapuh karena Yummy Expo 2024 menyediakan pengalaman eksplorasi kuliner terbaik dengan kehadiran 500+ exhibitors booth.

Para peserta berkesempatan untuk menjelajahi booth dari berbagai kategori, seperti Bakery & Pastry, Halal Food, Meat, Poultry & Seafood, sampai Frozen Food dan menemukan produk, jasa, serta merasakan pengalaman sensorik yang memungkinkan mereka untuk mencicipi produk dan mengevaluasi kualitas makanan untuk membuat keputusan yang lebih baik, sejalan dengan pilar Taste dari Yummy Expo 2024.

Tidak hanya memberikan pengalaman eksplorasi dan sensorik, dengan membawa pilar Connect, Yummy Expo 2024 turut menjadi platform yang memungkinkan para buyer untuk saling berdialog dan membangun hubungan yang berkelanjutan.

Melalui kegiatan networking sessions, harapannya Yummy Expo dapat berkontribusi pada pengembangan dan kesuksesan industri F&B di Indonesia secara keseluruhan.

Acara Yummy Expo 2024 menjadi semakin spesial dengan hadirnya Yummy Awards 2024. Yummy Awards merupakan ajang penghargaan yang diselenggarakan oleh Yummy, yang bertujuan untuk mengapresiasi dampak positif yang dihasilkan oleh para pecinta kuliner dan brand-brand di Indonesia. Melalui ajang ini, para brand dapat mengajukan produk terbaiknya untuk dinominasikan.

Selain itu, Yummy Expo 2024 akan membawa Indonesia Memasak Competition secara offline sebagai salah satu rangkaian acara tahun ini. Indonesia Memasak Competition sendiri merupakan acara yang didedikasikan untuk para koki profesional junior, untuk menampilkan keahlian dan kreativitas kuliner mereka selama tiga hari dengan kategori yang berbeda setiap harinya.

Tidak hanya berkompetisi untuk memperebutkan penghargaan bergengsi, serta menunjukkan keahlian dan inovasi mereka dalam seni kuliner, kompetisi ini juga mendorong kolaborasi dan kemitraan dalam industri F&B dengan melibatkan berbagai asosiasi terkait sebagai sponsor.

Informasi lebih lanjut mengenai Yummy Expo 2024 dapat dilihat melalui Instagram @yummy.idn.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.