NEWS

Hindari Menyikat Gigi Langsung Setelah Makan, Lebih Baik Lakukan Ini

Risikonya adalah enamel gigi bisa rusak.

Hindari Menyikat Gigi Langsung Setelah Makan, Lebih Baik Lakukan Iniilustrasi sikat gigi (unsplash.com/Diana Polekhina)
02 April 2024

Fortune Recap

  • Menggosok gigi langsung setelah makan tidak dianjurkan.
  • Obat kumur tidak dapat menggantikan berkumur dengan air biasa.
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Dulu ada lagu dangdut terkenal yang liriknya begini: "Daripada sakit hati/lebih baik sakit gigi ini. Penyanyinya Meggy Z, yang mungkin sudah berkali-kali merasakan patah hati dan--mungkin juga--sakit gigi. Penggalan syair dalam tembang itu bisa juga benar, dan bisa juga salah. Namun, yang pasti, sakit gigi niscaya bakal masuk daftar pengalaman tidak mengenakkan yang orang bisa rasakan. 

Kesehatan mulut dan gigi secara umum memang kadang diabaikan, justru lewat kebiasaan yang berlangsung sehari-hari. Padahal, apa yang terjadi dalam mulut Anda merupakan indikator kuat mengenai keseluruhan diri Anda. Jadi, rutin menggosok dan membersihkan gigi tiap hari akan memberikan manfaat bagi kesehatan. 

Pemeliharaan kesehatan mulut dan gigi juga tidak makan banyak biaya. Setidaknya jika Anda bisa rutin meniru cara-cara yang kami tawarkan ini, dikutip dari laman Fortune.com.

Berkumur setelah makan dengan air biasa

Kegiatan berkumur dengan air biasa setelah makan yang dipandang sebagai aktivitas remeh-temeh itu ternyata sangat berfaedah. Ini berkaitan dengan pH atau potential hydrogen yang berkenaan dengan tingkat keasaman atau kebasaan dalam tubuh Anda. Idealnya, mulut Anda memilihi pH netral. Namun, masalahnya, setelah makan kondisi mulut Anda akan lebih asam.

"Tiap kali makan, saliva mengurai makanan untuk dicerna, dan ujungnya akan menciptakan kondisi asam," demikian keterangan dari Lilya Horowitz, seorang dokter gigi yang berpraktik di Brooklyn, New York. "Alhasil, proses itu melahirkan lebih banyak biofilm dan plak. Nah, berkumur dengan air biasa dapat turut menurunkan pH dalam rongga mulut." 

Jika kondisi asam itu dibiarkan, lapisan pelindung gigi yang disebut enamel bakal tergerus. Itulah yang pelan-pelan dapat menimbulkan gigi berlubang dan membusuk. 

Kalau kebiasaan berkumur dijalankan secara rutin tiap kali selesai makan, Anda akan membuat rongga mulut lebih sehat. Masa terbaik untuk melakukannya tentu saja segera setelah Anda selesai makan. Terutama jika Anda habis menyantap makanan manis atau asam. 

Bagaimana dengan obat kumur?

Kalau Anda sudah terbiasa berkumur dengan obat kumur setelah makan, ketahuilah bahwa praktik itu tidak dapat menggantikan kegiatan berkumur dengan air biasa. 

"Faedah terbesar berkumur dengan obat kumur adalah [untuk] halitosis atau bau mulut. Masalahnya, kebanyakan obat kumur bersifat asam, dan karena itu tidak bagus untuk permukaan enamel gigi," kata seorang ahli bedah mulut, Jason Auerbach.  

Rata-rata obat kumur mengandung alkohol, kandungan yang menurunkan pH dan membuat rongga mulut kering. Kondisi ini akan mengganggu kesehatan gusi. 

Jika Anda bermaksud untuk membeli cairan pembersih mulut di pasaran, pastikan saja untuk membeli yang tidak mengadung alkohol. Kalau bisa tanya dokter gigi Anda mengenai merek yang dia rekomendasikan. 

Apakah aman untuk langsung menggosok gigi setelah makan?

Jawaban pendeknya: Tidak. 

Tetap lebih baik untuk berkumur dengan menggunakan air biasa setelah makan.

"Kadang setelah menyantap makanan asam, menggosok gigi tidaklah dianjurkan karena enamel menjadi lebih lunak, dan Anda bisa merusaknya," kata Auerbach. 

Jika Anda berkeras ingin menyikat gigi setelah makan, pastikan untuk menunggu 30-60 menit sebelum melakukannya agar enamel gigi Anda baik-baik saja. 
 

Related Topics