NEWS

Apa Tujuan World Water Forum 2024? Ini Penjelasannya

Dorong inovasi di sektor perairan global

Apa Tujuan World Water Forum 2024? Ini Penjelasannyailustrasi World Water Forum 2024 (instagram/@worldwaterforum10)
20 May 2024

Forum Air Sedunia menjadi salah satu pertemuan terbesar yang fokus membahas isu air. Forum internasional yang digelar oleh World Water Council (WWC) akan membahas isu-isu terkait konservasi air. 

Pada tahun 2024, Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah World Water Forum ke-10. Acara tersebut diselenggarakan pada tanggal 18-25 Mei 2024 di Bali. Khusus pada tahun ini, tema yang diangkat adalah “Water for Shared Prosperity” jika diterjemahkan menjadi “Air untuk Kemakmuran Bersama”.

Lantas, apa tujuan World Water Forum 2024 yang sedang diadakan di Bali? Temukan jawabannya di bawah ini.

Apa itu World Water Forum?

Sebelum membahas tujuan World Water Forum, ketahui terlebih dahulu mengenai agenda internasional satu ini. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, World Water Forum adalah forum internasional di sektor air yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan dunia. 

Artinya, pertemuan internasional terbesar ini fokus membahas tentang isu-isu air secara global. Khususnya dalam merumuskan kebijakan tata kelola dan sanitasi dunia.

Rupanya, pertemuan internasional ini pertama kali digelar pada tahun 1997. Setelah itu, World Water Forum menjadi agenda yang rutin digelar setiap tiga tahun sekali. Pada setiap acaranya, beberapa negara terpilih menjadi tuan rumah secara bergantian.

Bekerja sama dengan World Water Council atau Dewan Air Dunia, agenda internasional ini berlangsung di Indonesia pada tahun 2024. Menariknya, Indonesia menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang dipercaya sebagai tuan rumah pada acara ini.

Terpilihnya Bali sebagai tuan rumah juga turut memberikan dampak bagi sektor pariwisata Indonesia. Hal tersebut dikarenakan ada banyak perwakilan setiap negara yang akan turut berpartisipasi dalam acara ini.

Dalam pertemuan ini, Indonesia secara khusus membawa tiga misi yang akan menjadi topik pembahasan, seperti Center of Excellence on Water and Climate Resilience, pengelolaan air terpadu di sejumlah pulau kecil, dan penetapan Hari Danau Sedunia atau World Lake Days.

Daftar tuan rumah World Water Forum

Sebelum Indonesia, ada beberapa negara yang sempat dipercaya sebagai tuan rumah acara World Eater Forum. Dilansir worldwaterforum.org, berikut daftar tuan rumah World Water Forum dari tahun 1997-2024.

  1. Maroko, Marrakesh (1997) 
  2. Belanda, Den Haag (2000) 
  3. Jepang, Kyoto (2003) 
  4. Amerika Utara, Meksiko (2006) 
  5. Turki, Istanbul (2009) 
  6. Prancis, Marseille (2012)
  7. Korea Selatan, Daegu & Gyeongbuk (2015) 
  8. Amerika Selatan, Brazil (2018) 
  9. Senegal, Dakar (2022) 
  10. Indonesia, Bali (2024)

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.