NEWS

Ternyata Ini Besaran Zakat Fitrah 2024 oleh BAZNAS

Simak rincian besaran zakat fitrah 2024

Ternyata Ini Besaran Zakat Fitrah 2024 oleh BAZNASIlustrasi zakat (Freepik)
01 April 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Mendekati Hari Raya Idulfitri, setiap umat muslim disibukkan dengan berbagai kegiatan, mulai dari mempersiapkan batin hingga menunaikan kewajiban di bulan puasa. 

Salah satu kewajiban selain berpuasa adalah membayar zakat bagi umat muslim yang memiliki rezeki lebih. Sebelum hari kemenangan tiba, umat muslim diwajibkan untuk menunaikan Zakat Fitrah setiap tahunnya. Nantinya, zakat tersebut akan disalurkan pada orang-orang yang membutuhkan.

Di tahun 2024, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) sudah menetapkan besaran zakat fitrah yang wajib dibayarkan setiap individu. Adapun rincian besaran zakat fitrah 2024 sebagai berikut.

Apa itu zakat fitrah?

Zakat fitrah merupakan salah satu jenis zakat yang wajib dibayar setiap umat muslim baik laki-laki ataupun perempuan pada bulan Ramadan sebelum menyambut hari kemenangan. 

Dengan membayar zakat fitrah, Anda bisa berbagai rasa kebahagian kepada sesama muslim yang berukurangan. Selain itu, zakat juga menjadi bagian dari ibadah di bulan Ramadan. 

Umumnya, besaran zakat berupa beras atau kebutuhan pokok seberat 2,5 kilogram atau 3,5 liter beras per orang. Pada dasarnya, zakat fitrah harus setara dengan 1 shaq kurma atau gandum.

Kemudian, penyaluran zakat akan dilakukan oleh penyelenggara zakat yang resmi, seperti BAZNAS pada mustahik yang membutuhkan.

Tata cara menunaikan zakat fitrah

Dalam menunaikan zakat fitrah, ada tata cara yang wajib diperhatikan setiap umat muslim. Berikut tata cara menunaikan zakat fitrah.

1.Sudah masuk waktunya

Setiap awal bulan Ramdan hingga menjelang Idulfitri, Anda bisa menunaikan zakat fitrah. Meskipun begitu, terdapat waktu yang disarankan untuk membayar zakat, yaitu ketika tanggal 1 Syawal hingga sebelum melangsungkan salat Idulfitri.

2. Menghitung besaran zakat

Pastikan Anda menghitung besaran zakat fitrah yang harus dibayarkan terlebih dahulu. Hal tersebut dilakukan bertujuan zakat sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Maka dari itu, penting mengetahui besaran zakat fitrah 2024.

3. Membaca niat atau doa

Sebelumnya menyerahkan zakat, Anda dianjurkan untuk melafalkan niat. Adapun tujuannya untuk memantapkan tujuan menunaikan zakat tersebut.

Related Topics