NEWS

Cara Cek Keaslian Sertifikat Tanah dengan Mudah

Hindari sengketa tanah!

Cara Cek Keaslian Sertifikat Tanah dengan Mudahilustrasi mengecek sertifikat tanah lewat online (unsplash/john schnobrich)
04 July 2024

Sebelum melakukan pembelian properti berupa tanah atau bangunan, penting untuk melakukan pengecekan pada Sertifikat Tanahnya. Pasalnya, sertifikat tanah termasuk dokumen yang dipalsukan oleh oknum tertentu.

Lewat cara cek keaslian sertifikat tanah, Anda bisa memastikan keabsahan dokumen tersebut. Hal tersebut juga membantu untuk menghindari adanya konflik atau sengketa tanah di masa mendatang.

Ada berbagai cara yang bisa digunakan untuk mengetahui sebuah sertifikat tanah asli atau palsu. Berikut beberapa cara mengecek keaslian sertifikat tanah yang bisa dilakukan dengan mudah.

Cara cek keaslian sertifikat tanah lewat aplikasi Sentuh Tanahku

Untuk memastikan sertifikat tanah, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (Kementerian ATR/BPN) telah membuat aplikasi Sentuh Tanahku. Lewat aplikasi tersebut, Anda bisa melakukan pengecekan dengan mudah.

Berikut cara cek keaslian sertifikat tanah melalui aplikasi Sentuh Tanahku.

Cara cek keaslian sertifikat tanah lewat laman Kementerian ATR/BPN

Selain lewat aplikasi, Anda bisa melakukan pengecekan dengan mengunjungi situs resmi Kementerian ATR/BPN. Adapun langkah-langkahnya, yaitu sebagai berikut:

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.