NEWS

Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Mobil Bekas Sebelum Beli

Calon konsumen wajib tahu!

Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Mobil Bekas Sebelum Beliilustrasi mobil bekas (unsplash/parker gibbs)
24 June 2024

Mobil bekas banyak dijadikan alternatif bagi masyarakat yang ingin membeli mobil dengan bujet terbatas. Tidak heran, ada banyak variasi mobil bekas yang dijual di pasaran. Harganya pun cukup beragam.

Berbeda dengan mobil baru, mobil bekas memiliki beberapa aspek dan pertimbangan yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk membelinya. Dengan begitu, Anda bisa melakukan pembelian yang memuaskan.

Sebagai bahan pertimbangan, Anda bisa memahami beberapa kelebihan dan kekurangan mobil bekas. Simak selengkapnya di bawah ini.

Kelebihan mobil bekas

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan mobil bekas, Anda bisa mempertimbangkan pembelian tersebut sudah tepat atau belum sesuai dengan kebutuhan.

Terdapat beberapa kelebihan yang hanya bisa Anda jumpai di mobil bekas. Adapun beberapa kelebihan mobil bekas, sebagai berikut.

Salah satu faktor pendorong yang menyebabkan banyak orang lebih memilih mobil bekas adalah harganya yang relatif lebih terjangkau. Karena sudah pernah dipakai sebelumnya, harga yang ditawarkan tentu lebih murah dari mobil baru.

Saat dijual kembali, kendaraan memang selalu mengalami penurunan harga. Meskipun kondisinya masih terlihat baru, mobil tersebut tetap mengalami penurunan harga. Hal tersebut tentu menjadi sebuah keuntungan tersendiri ketika membeli mobil bekas.

Mobil bekas juga menawarkan banyak pilihan kendaraan yang ditawarkan pada konsumennya. Meskipun bujet cukup terbatas, pilihan kendaraan yang dibeli bisa beragam.

Mulai dari merek, tipe, tahun rilis, hingga harganya cukup bervariatif. Anda bisa memilih dengan bebas berbagai jenis kendaraan sesuai dengan bujet yang dimiliki dan kebutuhan

Dibandingkan dengan pembelian mobil baru, proses administrasi pembelian mobil bekas biasanya relatif lebih cepat. Dengan begitu, proses pembayarannya bisa selesai lebih cepat.

Jika mobil dibeli dengan status kredit, terdapat proses tersendiri yang perlu dilakukan. 

Salah satu kelebihan yang hanya bisa Anda temui di mobil bekas selanjutnya adalah Anda bisa langsung menggunakannya. Biasanya, dokumen penting terkait kendaraan sudah disiapkan, mulai dari STNK dan plat nomor kendaraan.

Anda tidak perlu menunggu waktu yang lama untuk mengurus pembuatan dokumen tersebut. Jadi, kendaraan bisa langsung Anda gunakan di jalan raya.

Maraknya pembelian mobil bekas juga mendorong pasarnya semakin luas. Anda bisa menemukan tempat pembeliannya secara lebih mudah.

Bahkan, ada beberapa platform dan marketplace yang menawarkan pembelian lewat online. Hal tersebut tentu sangat membantu Anda dalam mencari mobil bekas yang diinginkan.

Kekurangan mobil bekas

Terlepas dengan kelebihan yang dimiliki mobil bekas, kendaraan ini juga memiliki sejumlah kekurangan. Berikut beberapa kekurangan mobil bekas yang wajib dipahami sebelum membelinya.

Mobil bekas memang menawarkan harga yang jauh lebih murah dari mobil baru. Namun, Anda juga harus mempertimbangkan kualitas yang ditawarkan.

Di balik harganya yang murah, kualitas mobil bekas tidak dapat disandingkan dengan mobil baru. Maka dari itu, Anda tidak bisa mengharapkan kualitas yang sama pada mobil bekas. 

Dibandingkan dengan mobil baru, mobil bekas memiliki kualitas di bawahnya. Hal tersebut juga mengakibatkan potensi biaya perbaikan yang harus dilakukan pada kendaraannya.

Bahkan, biaya yang akan dikeluarkan lebih besar daripada harga belinya. 

Pada akhirnya, pembelian mobil bekas menjadi kerugian karena ada sejumlah biaya tambahan yang perlu dikeluarkan.

Selain dari kualitasnya, penjual mobil bekas biasanya tidak memberikan garansi panjang bagi mobil bekas yang dijualnya. Jika mobil baru menawarkan garansi hingga lima tahun, mobil bekas hanya memiliki garansi sekitar enam bulan. 

Jangka waktu garansi tersebut juga berdasarkan kebijakan penjual mobil bekas masing-masing.

Salah satu risiko yang perlu diwaspadai ketika hendak membeli mobil bekas adalah rawan penipuan. Ada banyak oknum tertentu yang menjual kendaraan curian sebagai mobil bekas.

Hal tersebut tentu harus Anda cermati dengan baik agar tidak berdampak buruk di masa mendatang. Maka dari itu, pastikan Anda membeli mobil bekas di tempat yang terpercaya.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.