NEWS

Lebih Untung Mana, Beli Rumah atau Sewa? Ini Pertimbangannya

Pertimbangkan dengan baik-baik

Lebih Untung Mana, Beli Rumah atau Sewa? Ini Pertimbangannyailustrasi membeli rumah kpr (pexels.com/RDNE Stock project)
10 July 2024

Properti termasuk aset yang menawarkan sejumlah keuntungan bagi pemiliknya. Tidak heran, properti menjadi salah satu investasi yang banyak digemari oleh masyarakat.

Membeli atau mengontrak rumah menjadi opsi yang dipertimbangkan masyarakat dalam menentukan hunian. Hal tersebut terjadi karena harga tanah dan bangunan semakin tinggi.

Akibatnya, banyak orang yang melakukan pertimbangan tersebut untuk menilai manakah yang lebih menguntungkan bagi dirinya.

Lantas, lebih untung mana, Beli Rumah atau sewa? Berikut beberapa pertimbangan yang bisa Anda jadikan sebagai panduan

Keuntungan dan kekurangan beli rumah

Memiliki hunian tentu banyak diidamkan oleh banyak orang. Pembelian rumah jadi keputusan investasi yang menguntungkan. Mengingat papan jadi kebutuhan mendasar manusia.

Saat memutuskan untuk berinvestasi pada properti, banyak orang menghadapi dilema harus membeli atau menyewa rumah. Tidak heran, pertanyaan mengenai lebih untung mana, beli rumah atau sewa seringkali bermunculan.

Sebelum mengambil keputusan, berikut beberapa keuntungan dan kekurangan membeli rumah yang bisa Anda perhatikan terlebih dahulu.

1. Rumah sudah jadi hak milik

Salah satu keuntungan dari pembelian rumah adalah Anda sudah bisa memiliki properti tersebut secara utuh. Setelah cicilan berakhir atau telah lunas, rumah akan menjadi hak milik.

Dengan begitu, Anda bebas untuk melakukan perubahan pada properti untuk membuat lingkungan yang nyaman sesuai keinginan.

2. Investasi jangka panjang menguntungkan

Banyak orang lebih memilih membeli rumah daripada menyewa adalah jaminan investasi untuk jangka panjang. 

Properti termasuk salah satu aset yang pasarnya berkembang seiring berjalannya waktu. Tidak heran, ada banyak investor yang berinvestasi pada properti.

Jika tidak ingin dijual, rumah tersebut bisa diwariskan pada ahli waris di masa mendatang.

3. Pembelian cash lebih untung

Pembelian rumah bisa dilakukan secara kredit atau cash. Jika Anda tidak ingin terkena komponen bunga, pembelian secara cash tentunya jadi lebih menguntungkan. 

Dengan begitu, Anda tidak perlu terbebani dengan bunga yang cukup besar dalam proses pembeliannya

4. Terhindar dari kenaikan harga

Biasanya, sewa atau kontrak rumah dikenakan biaya yang harus dibayarkan dalam jangka waktu tertentu. Kenaikan harga juga bisa terjadi karena penambahan fasilitas atau faktor lainnya.

Ketika membeli rumah, Anda tidak perlu khawatir akan kenaikan harga properti. Cicilan yang harus dibayarkan juga sudah berdasarkan kesepakatan awal meskipun terjadi kenaikan harga tanah atau bangunan di daerah tersebut.

1. Perlu dana yang besar di awal

Di balik keuntungan yang ditawarkan, pembelian rumah juga mempunyai kekurangan. Salah satunya Anda harus menyiapkan modal yang besar di awal. Setidaknya sekitar 20 persen untuk dijadikan sebagai DP dan pembayaran awal.

Maka dari itu, pembelian rumah membutuhkan dana yang besar dan harus disanggupi.

2. Terdapat biaya tambahan

Tidak hanya dana di awal, Anda juga harus membayar biaya tambahan lainnya. Jika memilih kredit, Anda wajib membayar cicilan dalam jangka waktu tertentu.

Ada biaya listrik, air, hingga furniture yang perlu dikeluarkan. Tidak hanya itu, biasanya terdapat biaya keamanan dan kebersihan lingkungan tempat Anda tinggal.

3. Kurang fleksibel

Terkadang bujet yang terbatas juga membuat Anda harus memilih lokasi yang jauh dari lokasi dan tipe rumah idaman. Selain itu, Anda harus beradaptasi dengan lingkungan rumah meskipun dirasa kurang nyaman. 

Untuk pindah rumah, tentu tidak mudah mengingat besarnya biaya yang dikeluarkan. Jadi, tingkat mobilitas dan fleksibilitas pembelian rumah kurang dibandingkan menyewa rumah.

4. Pemberi kredit bisa melakukan penyitaan

Jika tidak sanggup untuk membayar cicilan, pihak pemberi kredit bisa saja melakukan penyitaan atas hunian tersebut.

Keuntungan dan kekurangan sewa rumah

Selain membeli rumah, tidak sedikit orang yang memilih untuk menyewa atau mengontrak rumah. Bagi sebagian besar orang, sewa jadi pilihan yang menguntungkan dari beberapa faktor.

Terlebih bagi perantau yang sedang mencari hunian untuk dijadikan tempat tinggal. Sewa jadi opsi terbaik untuk dipilih. 

Sama seperti membeli rumah, menyewa rumah juga memiliki kelebihan dan kekurangannya. Adapun keuntungan dan kekurangan menyewa atau mengontrak rumah, yaitu sebagai berikut.

1. Lebih terjangkau

Dibandingkan dengan membeli rumah, sewa rumah menawarkan harga yang lebih terjangkau. Maka dari itu, sewa jadi pilihan terbaik banyak orang yang ingin memiliki hunian dengan bujet terbatas.

2. Mudah untuk berpindah

Jika lingkungan dirasa tidak cocok atau lainnya, Anda bisa pindah dengan mudah. Sewa rumah memberikan fleksibilitas cukup tinggi bagi penyewanya.

3. Minim biaya perawatan

Biasanya, biaya perawatan sewa rumah lebih minim daripada membeli rumah. Penyewa umumnya akan dibebankan biaya perawatan dan listrik.

4. Tersedia banyak pilihan

Sewa rumah menawarkan berbagai pilihan, mulai dari harga, tipe, lokasi, kelengkapan furniture, dan lain sebagainya. 

Dengan begitu, Anda bisa bebas memilih properti yang sesuai dengan kebutuhan dan bujet. 

1. Tidak bisa jadi hak milik

Salah satu kekurangan menyewa rumah adalah properti tidak bisa jadi hak milik. Status Anda sebagai penyewa memungkinkan untuk tinggal sesuai dengan kesepakatan. 

2. Bisa terusir 

Penyewa yang tidak bisa membayar biaya sewa bisa saja diusir oleh pemilik bangunan. Pemilik juga tidak segan untuk mengusir penyewa yang membuat masalah.

3. Tidak bisa bebas mengubah tampilan

Meskipun menawarkan fleksibilitas yang tinggi, Anda tidak bisa bebas mengubah tampilan bangunannya.

Umumnya, pemilik gedung sudah merancang tampilan bangunannya. Oleh karena itu, terdapat aturan tidak tertulis untuk tidak sembarang mengubahnya.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.