NEWS

5 Provinsi Penghasil Bawang Merah Terbesar di Indonesia, Mana Saja?

Jawa Tengah jadi paling besar

5 Provinsi Penghasil Bawang Merah Terbesar di Indonesia, Mana Saja?Ilustrasi bawang merah (unsplash/paul magdas)
06 May 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Bawang merah merupakan tanaman hortikultura yang sangat dibutuhkan masyarakat, terutama sebagai bumbu masakan. Bahkan, beberapa Provinsi Penghasil Bawang Merah terbesar di Indonesia banyak diandalkan untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Hampir sebagian besar masakan Indonesia memakai bawang merah sebagai bumbu dasarnya. Tidak heran, permintaan bawang merah di pasar cukup tinggi.

Dilansir dari data hasil Analisis Kinerja Perdagangan Komoditas Bawang Merah yang disusun oleh Kementerian Pertanian, konsumsi bawang merah relatif meningkat dari tahun 2017-2021 sebesar 2 juta kilogram.

Tingginya permintaan pasar juga diikuti dengan pertambahan volume produksinya. Dilansir Statistik Indonesia Tahun 2024 oleh Badan Pusat Statistik (BPS), produksi bawang merah mencapai 1.982.280 ton di tahun 2023.

Berikut beberapa provinsi yang memiliki volume produksi bawang merah terbesar di Indonesia.

1. Jawa Tengah

Provinsi penghasil bawang merah terbesar di Indonesia yang pertama datang dari Jawa Tengah. Pada tahun 2023, Jawa Tengah mampu memproduksi bawang merah sebesar 484.340 ton. Angka tersebut juga memperlihat peningkatan dari 478.393 ton di tahun sebelumnya.

Jawa Tengah memang sudah lama dikenal sebagai sentra bawang merah di Indonesia. Pasalnya, daerah Brebes memang pusat produksi bawang merah. Tidak heran, produksi bawang merah Brebes kerpa diincar konsumen di pasaran untuk dijadikan bahan dasar masakan.

Tidak hanya Kabupaten Brebes, Kabupaten Demak dan Pati juga termasuk penyumbang produksi bawang merah terbesar di Jawa Tengah.

Mengikuti tiga provinsi lainnya, Kabupaten Grobogan dan Kendal juga mencatatkan daerahnya dengan jumlah produksi terbesar.

2. Jawa Timur

Masih di pulau Jawa, daerah Jawa Timur berhasil mengamankan tempatnya pada peringkat kedua sebagai daerah penghasil bawang merah terbesar. 46.753 hektare.

Di tahun 2023, Jawa Timur berhasil mencapai volume produksi bawang merah sebanyak 478.345 ton.

Meskipun mengalami penurunan produksi, Jawa Timur bisa mempertahankan posisinya. Bahkan, provinsi satu ini menjadi kontributor produksi bawang merah terbesar di Indonesia.

Dilansir satudata.pertanian.go.id, produksi bawang merah Jawa Timur menyumbang sebesar 24,99 persen dari total produksi nasional di tahun 2021.

Beberapa daerah di Jawa Timur juga menjadi pemasok bawang merah terbesar, mulai dari Kabupaten Nganjuk. Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Bojonegoro.

Related Topics