NEWS

10 Provinsi Penghasil Beras Terbanyak di Indonesia, Capai Jutaan Ton!

Menduduki peringkat teratas dalam produksi beras

10 Provinsi Penghasil Beras Terbanyak di Indonesia, Capai Jutaan Ton!Ilustrasi tanaman padi (pexels/Sergei A)
19 March 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Menjadi sumber karbohidrat yang umum dikonsumsi masyarakat, keberadaan Beras tentunya menjadi komoditas pangan penting di Indonesia.

Dilansir dari Statistik Indonesia 2024, total produksi padi sekitar 53,63 juta ton GKG dengan produksi beras nasional mencapai angka 30.90 juta ton di tahun 2023. 

Termasuk ke dalam negara agraris, terdapat sejumlah provinsi penghasil beras terbanyak di Indonesia. Daerah-daerah tersebut banyak diandalkan sebagai pemasok beras lokal yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan domestik. 

Adapun daftar provinsinya, sebagai berikut!

1. Jawa Timur

Di tahun 2023, Jawa Timur menjadi salah satu provinsi penghasil beras terbanyak di Indonesia. Dilansir dari Statistik Indonesia 2024, jumlah produksi beras mencapai angka 5,5 juta ton.

Jumlah produksi tersebut cukup stabil dengan peningkatan sekitar 38 ribu ton dari tahun 2022.

Dengan total 1,6 juta hektare lahan dipakai untuk padi, Jawa Timur bisa dikatakan sebagai pemimpin industri beras di Indonesia. Kabupaten Lamongan , Ngawi, dan Bojonegoro menjadi pusat produksi beras terbesar di Jawa Timur.

2. Jawa Barat

Di posisi kedua ini, Jawa Barat berhasil mengamankan tempatnya dengan total produksi beras sebanyak 5,2 juta ton di tahun 2023. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, jumlah produksi tersebut memperlihatkan penurunan.

Hal tersebut bisa terjadi diakibatkan oleh cuaca dan iklim yang juga turut memengaruhi produksi padi di sawah. 

Meskipun mengalami penurunan, Jawa Barat tetap masuk ke dalam daerah dengan jumlah produksi beras terbesar.

Bahkan, daerah Indramayu dapat dikatakan sebagai daerah lumbung padi nasional dengan rata-rata produksi padi hingga 1 juta ton per tahun. Hal tersebut juga diikuti oleh daerah Subang dan Karawang.

Related Topics