NEWS

7 Provinsi Penghasil Teh Terbanyak di Indonesia, Puncaki Industri Teh!

Penyumbang jumlah produksi teh terbesar

7 Provinsi Penghasil Teh Terbanyak di Indonesia, Puncaki Industri Teh!Ilustrasi kebun teh (pexels/Quang Nguyen Vinh)
19 March 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Teh merupakan salah satu komoditas unggulan Nusantara. Banyak hasil produksi tersebut dipakai untuk memenuhi kebutuhan domestik. Selain itu, produksi teh juga kerap diekspor ke luar negeri untuk menambah devisa negara.  

Bahkan, Indonesia dikenal sebagai salah satu produsen dan eksportir teh terbesar di dunia. Maka itu, gambaran industri teh di Indonesia memiliki potensi yang besar. 

Dilansir dari laporan Statistik Indonesia 2024, total produksi teh nasional tahun 2023 sebanyak 73,4 ribu ton. Angka tersebut memperlihatkan penurunan dari tahun 2022 yang mencapai total produksi teh 74,8 ribu ton. 

Dari total produksi teh tersebut, terdapat beberapa provinsi penghasil teh terbanyak di Indonesia. Adapun daftar daerahnya sebagai berikut!

1. Jawa Barat

Provinsi penghasil teh terbanyak di Indonesia yang pertama datang dari Jawa Barat. Dikenal akan julukan Pasundan, Jawa Barat ternyata mengamankan tempatnya di posisi teratas sebagai produsen teh.  

Di tahun 2023, Jawa Barat berhasil mencapai total produksi sebesar 82,1 ribu ton. Hampir setiap tahunnya, daerah ini menyumbang rata-rata 70 persen produksi teh nasional.

Hal tersebut bukanlah sebuah kejutan lagi karena Bandung memiliki cuaca dan iklim yang cocok sebagai daerah perkebunan teh. 

Hampir sebagian besar wilayah di Jawa Barat berupa daerah dataran tinggi. Tak heran, produksi teh asal Jawa Barat melimpah.

Dilansir Open Data Jabar, Kabupaten Cianjur, Bandung, Sukabumi, dan Tasikmalaya menjadi daerah dengan jumlah teh tertinggi di Jawa Barat pada tahun 2020.

2. Jawa Tengah

Di peringkat kedua, ada provinsi Jawa Tengah yang juga menyumbangkan jumlah produksi teh nasional terbesar. Dengan total luas lahan 8,9 ribu hektare, Jawa Tengah sukses mencapai angka 14,1 ribu ton untuk produksi teh tahun 2023. 

Meskipun belum bisa menandingi jumlah produksi Jawa Barat, Jawa Tengah berhasil menempatkan namanya di peringkat teratas. 

Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Batang, dan Kabupaten Pekalongan menjadi wilayah yang menyumbang produksi teh terbanyak di Jawa Tengah.

Related Topics