NEWS

Daftar Tarif Tol Jagorawi Terbaru untuk Semua Golongan

Cek tarif tol Jagorawi terbaru

Daftar Tarif Tol Jagorawi Terbaru untuk Semua GolonganIlustrasi tol (Wikimedia Commons/Midori)
03 April 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Tarif Tol Jagorawi atau Tol Jakarta-Bogor-Ciawi terpantau telah mengalami penyesuaian tarif tol atau kenaikan tarif setiap golongan kendaraan pada tahun 2023. Kenaikan tersebut juga didasari oleh peraturan yang berlaku. 

Bagi Anda yang berencana melakukan mudik Lebaran dengan mengandalkan Tol Jagorawi, penting untuk mengetahui rincian tarif tol sebelum berangkat. Dengan begitu, Anda bisa menyusun rencana perjalanan dan anggaran sesuai dengan kebutuhan.

Untuk memudahkan Anda menemukan informasinya, berikut informasi mengenai informasi penting beserta tarif yang dikenakan di ruas Tol Jagorawi.

Sejarah Tol Jagorawi

Tol Jagorawi (Jakarta-Bogor-Ciawi) merupakan ruas jalan tol yang menjadi tonggak pembangunan tol di Indonesia. Pasalnya, jalan tol merupakan tol pertama yang diresmikan pada tahun 1987. 

Ruas jalan tol Jagorawi terbentang sepanjang 59 kilometer yang menghubungkan daerah Jakarta, Bogor, dan Ciawi.

Hingga kini, Tol Jagorawi sudah memiliki empat lajur dari Jakarta sampai Sentul Selatan. Total ada tiga lajur dari Sentul Selatan sampai Bogor. Di sisi lain, Bogor sampai Ciawi ada dua lajur yang bisa dilintasi pengendara.

Tol Jagorawi juga sudah terkoneksi dengan beberapa ruas jalan tol lainnya, seperti Tol Cijago (Cinere-Jagorawi). 

Selain itu, Tol Jagorawi juga telah dilengkapi dengan tempat istirahat atau rest area yang cukup lengkap. Sama hal seperti ruas tol lainnya di Indonesia, tarif tol Jagorawi juga disesuaikan dengan golongan kendaraannya.

Seksi jalan di Tol Jagorawi

Semenjak Tol Jagorawi terkoneksi dengan Cinere dan menjadi Tol Cijago, terdapat empat seksi jalan yang sudah beroperasi. Masing-masing memiliki peran penting dalam kelancaran lalu lintas di kawasan Jakarta, Bogor, dan Ciawi. Berikut rincian seksi jalan di Tol Cijago

  • Seksi 1 menghubungkan Jagorawi-Raya Bogor (3,70 kilometer)
  • Seksi 2 menghubungkan Raya Bogor-Kukusan (5,50 kilometer)
  • Seksi 3A menghubungkan Kukusan-Junction Krukut (3,50 kilometer)
  • Seksi 3B menghubungkan Junction Krukut-Cinere (2,19 kilometer).

Related Topics