NEWS

5 Musisi Terkaya di Dunia, Berapa Jumlah Kekayaannya?

Dari Jay Z hingga Taylor Swift masuk daftar musisi terkaya.

5 Musisi Terkaya di Dunia, Berapa Jumlah Kekayaannya?ilustrasi Taylor Swift (instagram.com/taylorswift)
04 March 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Siapa musisi terkaya di dunia menjadi pertanyaan banyak orang. Industri musik dunia kian berkembang pesat usai pandemi global dan tentu berdampak pada pertumbuhan ekonnomi serta kekayaan para musisi.

Musisi berbakat yang berasal dari Amerika Serikat, Taylor Swift, dikatakan memiliki dampak yang signifikan terhadap ekonomi negaranya. Bahkan, pertunjukan konsernya di berbagai negara juga memberikan dampak positif bagi perekonomian tersebut.

Menurut laporan CNBC International, ekonom dari Nomura, Si Ying Toh, menyatakan bahwa konser-konser Taylor Swift berhasil meningkatkan penjualan ritel di Amerika Serikat sebesar 0,03 persen dan berkontribusi terhadap pertumbuhan produk domestik bruto sekitar 0,02 persen pada kuartal I dan III tahun lalu.

Tidak hanya itu, konser-konser Taylor Swift sepanjang tahun 2023 juga tercatat memberikan kontribusi sebesar 0,5 persen terhadap pertumbuhan konsumsi nasional. Negara-negara lain yang menjadi tuan rumah konsernya juga mendapatkan manfaat ekonomis yang signifikan.

Menurut data National Australia Bank (NAB), konser Taylor Swift di Australia berkontribusi dengan lebih dari 300 juta dolar Australia atau setara dengan Rp3 triliun (perkiraan nilai tukar Rp10.230 per dolar Australia). Sementara itu, pertunjukan Swift di Singapura diperkirakan meraup keuntungan antara US$260,3 juta hingga US$371,9 juta, atau sekitar Rp4,09 triliun hingga Rp5,84 triliun (perkiraan nilai tukar Rp15.700 per dolar AS) untuk ekonomi lokal. Meskipun telah meraih kesuksesan ini, Taylor Swift tetap tercatat sebagai salah satu musisi terkaya di dunia, seperti dilaporkan oleh The Richest

Berikut adalah lima musisi terkaya di dunia versi The Richest. Siapa saja mereka?

5. Sean "Diddy" Combs

Sean "Diddy" Combs, yang sebelumnya dikenal sebagai Puff Daddy, memiliki kekayaan bersih sebesar US$1 miliar atau setara dengan Rp15,7 triliun pada tahun 2023.

Musisi ini tidak hanya pencipta musik rap, penyanyi, aktor, dan produser rekaman, tetapi juga seorang pengusaha. Tak heran ia menjadi musisi terkaya di dunia di urutan kelima.

Dalam perjalanan karier musiknya, Diddy berhasil meraih tiga Grammy Awards dan dua MTV Video Music Awards. Sebanyak sebelas lagunya bahkan mencapai posisi teratas dalam tangga lagu musik.

4. Taylor Swift

Pada urutan keempat musisi terkaya di dunia, ada Taylor Swift dengan kekayaan bersih sebesar US$1,1 miliar atau setara dengan Rp17,27 triliun pada bulan Januari 2024. Swift dikenal sebagai penyanyi Amerika yang paling sukses dan juga sebagai seorang eksekutif bisnis yang cerdas. Sepanjang karier musiknya, dia telah meraih sejumlah penghargaan prestisius, termasuk 13 Grammy Awards, 29 Billboard Music Awards, dan 40 American Music Awards.

Menurut Guinness World Record, Taylor Swift merupakan satu-satunya artis perempuan yang berhasil mengumpulkan 100 juta pendengar bulanan di platform Spotify. Tahun 2023 hingga saat ini dapat dianggap sebagai puncak kesuksesannya. Dia berhasil menjual 2,4 juta tiket untuk Eras Tour dalam satu hari, menjadikannya tur live dengan pendapatan kotor tertinggi pada tahun tersebut.

Prestasinya semakin melambung dengan rilis film konser pada 13 Oktober 2023, yang mampu menghasilkan US$129 juta dalam waktu seminggu dan ditonton di seluruh dunia.

Related Topics