NEWS

5 Pekerjaan dengan Jam Kerja Terlama, Tertarik Mencoba?

Ada tantangan dalam pekerjaan dengan jam kerja terlama.

5 Pekerjaan dengan Jam Kerja Terlama, Tertarik Mencoba?Ilustrasi anjungan migas. (Pixabay/466654)
20 July 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Memiliki pekerjaan dengan jam kerja yang panjang sekaligus memberikan gaji tinggi dianggap sebagai hal yang wajar. Namun, ada pula beberapa pekerjaan dengan Jam kerja terlama, tapi memberikan gaji yang rendah alias tidak sebanding dengan usaha yang dilakukan.

Jika Anda memutuskan untuk mengambil pekerjaan semacam itu, maka jangan berharap memiliki banyak waktu luang di luar pekerjaan.

Melansir berbagai situs karier dan data pemerintah serta informasi lainnya, GOBankingRates mencatat lima pekerjaan yang terkenal dengan jam kerja panjang. Berikut ini perinciannya yang dirangkum dari IDN Times.

1. Operator derek migas

Operator derek minyak dan gas ada di urutan teratas dalam daftar pekerjaan dengan jam kerja terlama.  Pekerjaan ini tidak memerlukan gelar dan memiliki hambatan yang relatif rendah untuk masuk. 

Gajinya juga lebih tinggi daripada gaji rata-rata di semua pekerjaan, dan bidang ini berkembang dengan kecepatan yang jauh lebih cepat daripada rata-rata.

Meskipun demikian, para pekerja kerah biru ini tidak harus tinggal di tempat mereka bekerja, tetapi menghadapi berbagai risiko, seperti kondisi pekerjaan yang sulit, termasuk kebisingan yang keras, risiko cedera yang tinggi, paparan bahan kimia dan racun, mesin yang berbahaya, dan paparan terhadap elemen-elemen.

Jam kerjanya bisa jadi tidak masuk akal. Menurut O*Net, hampir semua operator derek melaporkan bekerja lebih dari 40 jam per minggu. Menurut situs karier Zippia, faktanya, tidak ada pekerjaan lain di industri mana pun yang memiliki jam kerja yang lebih panjang. Operator derek bisa bekerja 62,8 jam per minggu.

2. Pengemudi truk jarak jauh

Salah satu pekerjaan dengan jam kerja terlama yakni pengemudi truk jarak jauh. Pengemudi truk sering kali harus menghadapi hari-hari yang panjang dan berminggu-minggu jauh dari rumah.

Dalam aturan hukum di berbagai negara jam kerja pengemudi truk berbeda-beda, misalnya di Kanada, pengemudi truk dapat bekerja hingga 14 jam per hari. 

Di Indonesia, jam kerja pengemudi kendaraan motor umum seperti truk atau bus, diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Pasal 90 isinya adalah: 

1. Setiap Perusahaan Angkutan Umum wajib mematuhi dan memberlakukan ketentuan mengenai waktu kerja, waktu istirahat, dan pergantian Pengemudi Kendaraan Bermotor Umum sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. 

2. Waktu kerja bagi Pengemudi Kendaraan Bermotor Umum sebagaimana dimaksud pada ayat (1) paling lama 8 (delapan) jam sehari. 

3. Pengemudi Kendaraan Bermotor Umum setelah mengemudikan Kendaraan selama 4 (empat) jam berturut-turut wajib beristirahat paling singkat setengah jam. 

4. Dalam hal tertentu Pengemudi dapat dipekerjakan paling lama 12 (dua belas) jam sehari termasuk waktu istirahat selama 1 (satu) jam.

Mengingat jam kerja yang panjang dan menghadapi risiko kecelakaan lalu lintas, tingkat cedera, dan risiko kematian yang tinggi, maka para pengemudi truk perlu menyesuaikan gaya hidup dan memperhatikan waktu istirahat mereka. 

Related Topics