NEWS

Daftar Kepala Negara yang Hadir di KTT G20 Bali, Ada Joe Biden

Vladimir Putin dan Presiden Brasil belum pasti hadir.

Daftar Kepala Negara yang Hadir di KTT G20 Bali, Ada Joe BidenPresiden Jokowi didampingi Menlu Retno Marsudi saat meninjau secara sejumlah tempat yang akan dijadikan lokasi penyelenggaraan KTT G20, pada Selasa (08/11). (dok. Setkab)
11 November 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Indonesia kini menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Acara puncak akan digelar pada 15-16 November 2022 di Bali.  Pemimpin negara-negara anggota G20 mayoritas bakal datang dalam agenda KTT G20 di Nusa Dua, Bali. Mulai Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, hingga Presiden Cina Xi Jinping.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan sudah ada 17 negara yang mengkonfirmasi kehadirannya di KTT G20. Namun, Presiden Jokowi tidak memerinci siapa saja pemimpin negara yang akan hadir.

"Saya kira dalam posisi normal tuh biasanya 17-18, ini posisi yang tidak normal, dunia sangat sulit, semua negara sangat sulit, kalau kehadirannya sampai sejumlah itu saya kira sudah sangat bagus," ujar Jokowi dalam video di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (8/11).

KTT ini dihadiri oleh 20 negara anggota G20, seperti Indonesia, Argentina, Australia, Brasil, Kanada, Cina, Prancis, Jerman, India, Italia, Jepang, Korea Selatan, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Turki, Inggris Raya, Amerika Serikat, dan Uni Eropa. 

KTT ini dihadiri oleh 20 negara anggota G20, seperti Indonesia, Argentina, Australia, Brasil, Kanada, Cina, Prancis, Jerman, India, Italia, Jepang, Korea Selatan, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Turki, Inggris Raya, Amerika Serikat, dan Uni Eropa. Berikut ini daftar pemimpin negara yang akan hadir di KTT G20 di Bali.

1. Presiden AS, Joe Biden

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dipastikan hadir di KTT G20. Kehadiran Joe Biden disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Sudah, sudah, yang sudah pasti 17," kata Jokowi di akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (8/11). Demikian jawaban Jokowi saat ditanya apakah Joe Biden dan Xi Jinping bakal hadir di KTT G20.

2. Presiden Cina, Xi Jinping

Presiden Cina Xi Jinping juga dipastikan kehadirannya. Sama seperti Joe Biden, kehadiran Xi juga dikonfirmasi langsung oleh Presiden Jokowi.

Presiden Joe Biden dan Presiden Xi Jinping dikabarkan akan bertemu empat mata di Bali, di tengah KTT G20 di Bali pekan depan. Baik Amerika Serikat dan Cina belum mengungkapkan apa saja yang akan menjadi agenda pembicaraan, 

Presiden AS Joe Biden mengatakan pada Rabu (9/11) bahwa dia tidak akan membuat konsesi mendasar ketika bertemu dengan Xi Jinping. Dia ingin kedua pemimpin menjelaskan apa "garis merah" mereka dan menyelesaikan area konflik, termasuk masalah seperti Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri, katanya.

Terkait hal ini, juru bicara Kemenlu Cina dalam briefing pada Kamis, (10/11) hanya mengatakan Amerika Serikat harus bekerja sama dengan Cina untuk menghindari kesalahpahaman dan salah penilaian.

Related Topics