NEWS

Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2 Dibuka, Tarif Masih Gratis

Berbagai fasilitas pendukung sudah disiapkan.

Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2 Dibuka, Tarif Masih GratisJalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2/Dok. Jasa Marga
22 December 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - PT Jasa Marga (Persero) Tbk, melalui anak perusahaannya PT Cinere Serpong Jaya (CSJ), telah mulai mengoperasikan Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2 Pamulang-Cinere pada Jumat (22/12). Direktur Utama PT CSJ, Mirza Nurul Handayani, menjelaskan di awal pengoperasian Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2 Pamulang-Cinere belum dikenakan tarif tol alias gratis.

Bagi para pengguna jalan yang berpergian dari Bogor ke Serpong, Kunciran, Bandara, atau sebaliknya, transaksi tol tetap dilakukan di Gerbang Tol (GT) Limo Utama, GT Limo 1, dan GT Limo 2. Adapun pengelolaan Gerbang Tol (GT) Limo Utama, GT Limo 1, dan GT Limo 2 dilakukan oleh PT TLKJ (Trans Lingkar Kita Jaya).

"Ketika beroperasi, ujung dari main road Jalan Tol Serpong Cinere Seksi 2 Pamulang-Cinere di Km 35+262 akan tersambung langsung dengan main road dari Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3B Ruas Krukut-Limo," ujar Mirza dalam keterangan tertulis, Jumat (22/12).

Dengan tersambungnya jalan tol ini, para pengguna jalan yang masuk atau keluar di Limo, atau melanjutkan perjalanan dari atau menuju Jalan Tol Jagorawi, tetap akan melakukan transaksi di GT Limo Utama, GT Limo 1, dan GT Limo 2 dengan tarif tol yang sama seperti yang berlaku untuk Jalan Tol Cinere-Jagorawi yang telah beroperasi sebelumnya.

Mirza mengimbau para pengguna jalan untuk memastikan saldo uang elektronik yang mencukupi, serta memeriksa bahan bakar kendaraan dan mematuhi rambu-rambu serta petunjuk petugas di lapangan.

Fasilitas pendukung operasional

Untuk mendukung operasional, PT CSJ juga telah menyiapkan berbagai fasilitas pendukung, termasuk posko petugas Jasa Marga Siaga selama periode Natal dan Tahun Baru 2023/2024, penempatan petugas Mobile Service Customer Service, informasi pada Dynamic Message Sign, serta pemasangan rambu-rambu petunjuk dan peringatan, seperti batas kecepatan, rambu penunjuk arah, dan lampu penerangan.

Jalan Tol Serpong-Cinere terhubung dengan Jalan Tol Kunciran-Serpong, Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran, dan Jalan Tol Cinere-Jagorawi, yang semuanya merupakan bagian dari Jalan Tol JORR 2 Wilayah Barat.

Jalan Tol JORR 2 memberikan alternatif tambahan dari dan menuju Bandara Soekarno-Hatta, sehingga para pengguna jalan di sekitar Jabotabek dapat menghindari kemacetan yang mungkin terjadi di Jalan Tol Sedyatmo, yang merupakan akses utama dari Jalan Tol JORR 1 dan Jalan Tol Dalam Kota, baik dari arah Tj. Priok maupun Cawang.

Related Topics