NEWS

Pertamina Foundation Buka Beasiswa Sobat Bumi 2023

Beasiswa Sobat Bumi untuk mahasiswa berprestasi.

Pertamina Foundation Buka Beasiswa Sobat Bumi 2023Dok. Pertamina Foundation
16 March 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - PT Pertamina (Persero) Foundation membuka program beasiswa Sobat Bumi bagi mahasiswa berprestasi dan peduli terhadap sosial dan lingkungan. Beasiswa ini diluncurkan pada Rabu (15/3) di Auditorium Candradimuka Universitas Airlangga (UNAIR).

Presiden Direktur Pertamina Foundation, Agus Mashud S. menjelaskan, Beasiswa Sobat Bumi ditujukan tak hanya untuk mahasiswa berprestasi, tapi juga mereka yang memberi pengaruh terhadap sosial dan lingkungan sekitar dengan berbagai inovasi yang dilakukan. Meskipun demikian, calon peserta yang belum memberi pengaruh terhadap sosial dan lingkungan tetap bisa mendaftar beasiswa tersebut.

"(Penerima beasiswa) dia punya project sosial yang langsung menyentuh kepada masyarakat, apakah itu isu kemiskinan, sampah pendidikan dan lain sebagainya, yang itu kita identifikasikan," ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip Kamis (16/3).

Pada tahun lalu, sebanyak 420 mahasiswa menerima beasiswa dari Pertamina Foundation. Jumlah ini terus meningkat setiap tahunnya. Pada 2020 tercatat 285 mahasiswa dan 2021 sebanyak 381 mahasiswa.

"Tahun ini penambahan cukup signifikan 450 sampai 500 mahasiswa. Peminatnya tahun lalu 15 ribuan," katanya, menambahkan.

Direktur Operasi Pertamina Foundation, Yulius S. Bulo mengatakan, penerima beasiswa tersebut nantinya bukan hanya mendapat beasiswa, tetapi juga dilibatkan dalam berbagai ekosistem Pertamina Grup, seperti volunteer hingga terlibat dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Pertamina.

"Mereka kami libatkan dalam ekosistem Pertamina Grup, seperti menjadi binaan PFseries, berpartisipasi dalam Voluntary Days bersama pekerja Pertamina, MBKM di lokasi Desa Energi Berdikari, aksi dalam Pertamina Peduli, dan magang di Pertamina Grup,” katanya. 

Jadwal Pendaftaran Beasiswa Pertamina Sobat Bumi 2023

  • 15 Maret 2023 : Launching Beasiswa 
  • 20 Maret – 25 April 2023 : Pendaftaran 
  • 25 April – 06 Mei 2023 : Seleksi Administrasi 
  • 10 Mei 2023 : Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi
  • 15 Mei – 17 Mei 2023 : Seleksi Wawancara
  • 31 Mei 2023 : Pengumuman Hasil Wawancara
  • 5 Juni – 15 Juni 2023 : Focus Group Discussion 
  • 20 Juni 2023 : Pengumuman Penerima Beasiswa 
  • 20 Juni – 30 Juni 2023 : Registrasi Penerima Beasiswa 
  • Agustus – Oktober 2023 : Aksi Sobat Bumi

Dilansir dari laman Beasiswa Pertamina Foundation, terdapat beberapa persyaratan untuk mendaftar beasiswa Pertamina Sobat Bumi untuk program S1 Reguler, yaitu: 

  1. Mahasiswa S1 aktif minimal sedang menempuh semester 2 
  2. IP atau IPK sampai semester 2 adalah lebih dari 3,0 dari skala 4
  3. Aktif ikut organisasi/kegiatan sosial kemasyarakatan/lingkungan hidup
  4. Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak mana pun 
  5. Tidak pernah terlibat penyalahgunaan obat terlarang/narkoba, dan kegiatan tindak kriminal lainnya
  6. Membuat karya tulis, dengan tema: "Berbagi Pengalamanku dalam Aksi Solidaritas Covid-19, dan Rencana Aksi Recovery Covid-19"
  7. Berkuliah di kampus mitra Pertamina Foundation

Proses penerimaan beasiswa Pertamina Foundation meliputi tiga tahap seleksi, yaitu seleksi administrasi, seleksi substansi, dan seleksi wawancara. Setelah pendaftar mengirimkan berkas pendaftaran online, tim seleksi dari Pertamina Foundation akan memvalidasi dan mengecek kelengkapan berkasnya.

Setelah berkas terpilih, maka akan lanjut ke tes substansi. Pemeriksaan substansi dilakukan untuk memilih dan menentukan peserta yang berhak lolos dalam wawancara. Seleksi ini akan menilai bobot dokumen yang dikirim berdasarkan ketentuan yang ada.

Selanjutnya dalam tes wawancara, pendaftar akan berhadapan dengan perwakilan dari Pertamina Foundation, PT Pertamina (Persero), dan Perguruan tinggi setempat. Lokasi untuk wawancara berbeda di kampus masing-masing. Informasi selengkapnya dapat dilihat di laman laman beasiswa.pertaminafoundation.org.

Related Topics