Comscore Tracker
NEWS

Siap-siap, Puncak Arus Balik Lebaran Diprediksi Terjadi 6-8 Mei 2022

Catat jadwal one way ganjil genap dan rekayasa lalu lintas.

Siap-siap, Puncak Arus Balik Lebaran Diprediksi Terjadi 6-8 Mei 2022Foto udara antrean kendaraan memadati di Jalur Selatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (4/5). ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/nz

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengimbau agar para pemudik kembali tidak dalam waktu yang bersamaan, agar tidak terjadi penumpukkan pada puncak arus balik Lebaran 2022 yang diprediksi terjadi 6-8 Mei 2022.

Demikian pernyataan Presiden Jokowi dalam akun resmi YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (3/5). Dia juga mengimbau para pemudik yang akan kembali ke tempat kerja untuk menghindari waktu puncak arus balik. "Setelah kita merayakan Idulfitri di kampung halaman tentu kita akan kembali ke tempat masing-masing untuk bekerja maupun beraktivitas lainnya," katanya.

Menurutnya, pemerintah memprediksi puncak arus balik akan terjadi pada tanggal 6, 7 dan 8 Mei 2022. "Untuk menghindari kepadatan arus balik, dan agar kita semua nyaman di perjalanan, saya mengimbau, saya mengajak, bapak, ibu dan saudara-saudara yang melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi agar kembali di awal atau setelah puncak arus mudik," tutur Jokowi. 

Catat jadwal one way ganjil genap

Gerbang Tol Cikampek Utama.

Beberapa kebijakan yang diterapkan saat puncak arus mudik lalu, seperti ganjil genap, one way atau satu arah dan larangan truk masuk tol, akan kembali diberlakukan saat arus balik. 

"Kebijakan ganjil genap, satu arah atau one way dan larangan truk masuk jalan tol akan tetap diberlakukan agar masyarakat tetap nyaman," ucap Presiden jokowi

Beberapa kebijakan yang diterapkan saat puncak arus mudik lalu, seperti ganjil genap, one way atau satu arah dan larangan truk masuk tol, akan kembali diberlakukan saat arus balik. 

"Kebijakan ganjil genap, satu arah atau one way dan larangan truk masuk jalan tol akan tetap diberlakukan agar masyarakat tetap nyaman," ucap Presiden jokowi

Berikut ini jadwal dan lokasi penerapan kebijakan one way dan ganjil genap selama masa arus balik Lebaran 2022.

Ruas jalan tol

  1. Jumat, 6 Mei 2022, Pukul 14.00 - 24.00 WIB. Satu arah genap dari gerbang Tol Kalikangkung KM 414 sampai KM 47 Tol Jakarta-Cikampek
  2. Sabtu, 7 Mei 2022 Pukul 07.00 - 24.00 WIB. Satu arah ganjil dari gerbang Tol Kalikangkung KM 414 sampai KM 47 Tol Jakarta-Cikampek
  3. Minggu, 8 Mei 2022 Pukul 07.00 - 24.00 WIB. Satu arah genap dari gerbang Tol Kalikangkung KM 414 sampai KM 47 Tol Jakarta-Cikampek
  4. Senin, 9 Mei 2022 Pukul 00.00 - 03.00 WIB. Satu arah ganjil dari gerbang Tol Kalikangkung KM 414 sampai KM 47 Tol Jakarta-Cikampek

Jalur Jakarta-Bandung

Adapun untuk mengakomodasi warga dari arah Jakarta yang hendak menuju Bandung di masa arus balik, kepolisian memberikan empat jalur alternatif.

Pertama, jalur Jagorawi Puncak - Cisarua - Cipanas - Cianjur - Sukaluyu - Cipatat - Padalarang - Bandung.

Kedua, jalur Jagorawi - Cibubur - Cileungsi - Jonggol - Cianjur - Padalarang - Bandung.

Ketiga, jalur Kalimalang - Kedung Waringin - Karawang - Purwakarta - Wanayasa - Lembang - Bandung.

Keempat, jalur Kalimalang - Kedung Waringin - Karawang - Purwakarta - Sukatani - Darangdang - Cikalong - Padalarang - Bandung.

Prediksi titik utama kemacetan dan rekayasa lalu lintas

Kemacetan di jalur utama Puncak, Kabupaten Bogor, pada saat Libur Hari Raya Nyepi, Kamis (3/3).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengingatkan masyarakat untuk menghindari puncak arus balik yang diprediksi terjadi pada 6-8 Mei 2022. Bahkan, jika perlu, pemudik sebaiknya kembali ke perantauan setelah tanggal tersebut.

"Bapak Presiden Joko Widodo memberikan perhatian khusus pada penanganan arus balik agar tidak terjadi kepadatan yaitu mengimbau masyarakat untuk kembali lebih awal sebelum puncak arus balik di tanggal 6, 7 dan 8 Mei 2022 nanti," kata Budi dalam keterangan tertulisnya, dikutip Kamis (5/3). "Atau kalau cutinya bisa diperpanjang, sebaiknya pulang setelah tanggal 8 Mei," imbuhnya.

Budi mengatakan ada dua titik utama yang harus diwaspadai oleh pemudik saat kembali ke perantauan, yaitu jalan tol Semarang-Jakarta dan penyeberangan Bakauheni-Merak.

Lebih lanjut, dirinya juga menyampaikan beberapa imbauan yang sebaiknya dilakukan pemudik untuk mencegah terjadinya kepadatan lalu lintas. "Yakni jangan memaksakan diri untuk menggunakan rest area di jalan tol jika sudah penuh, dan jangan berhenti di bahu jalan," kata Budi.

Selain itu, Budi meminta masyarakat terus memperbarui informasi tentang rekayasa lalu lintas yang berlangsung. Hal ini bisa dilakukan dengan mengakses media sosial resmi milik operator jalan tol maupun pihak kepolisian. "Kami juga mengimbau untuk mengemudi dengan baik, tidak menyerobot jalur dan patuhi petunjuk dari petugas di lapangan. Pastikan prokes juga tetap dilaksanakan dengan baik," ujarnya.

Pemudik dengan kapal diimbau beli tiket daring dan manfaatkan dermaga tambahan

Calon penumpang antre memasuki kapal perintis Sabuk Nusantara 91 di Pelabuhan Tanjungwangi, Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (20/4).

Sementara untuk penumpang yang menggunakan kapal seperti yang bertolak dari Bakauheni ke Merak, mereka diminta untuk membeli tiket dari jauh hari sebelum keberangkatan. Pembelian tiket ini, kata Budi, sebaiknya dilakukan secara daring untuk mencegah terjadinya penumpukan penumpang seperti saat arus mudik.

Tak hanya itu, masyarakat juga bisa berangkat dari dermaga tambahan yang dioperasikan, seperti pada arus mudik.

Dari arah Sumatera, Pelabuhan Panjang di Lampung akan dimanfaatkan untuk kendaraan besar seperti truk pengangkut barang, sehingga di Pelabuhan Bakauheni bisa memuat lebih banyak kendaraan lainnya seperti mobil, bus, dan sepeda motor.

 "Begitupun di Merak, Pelabuhan Ciwandan dan Indah Kiat akan terus dioperasikan untuk memecah kepadatan arus balik menuju Pelabuhan Penyeberangan Merak," kata Budi.

Masyarakat diminta menjalankan seluruh imbauan yang ada. Sehingga, kepadatan seperti saat arus mudik tidak terjadi ketika arus balik.

Related Articles