Comscore Tracker
NEWS

Usai Burj Khalifa, Dubai Bangun Replika Bulan Senilai Rp74 Triliun

Proyek pariwisata terbesar di Dubai.

Usai Burj Khalifa, Dubai Bangun Replika Bulan Senilai Rp74 TriliunDok. moonworldresorts.com

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - Dubai seolah tak terbendung dalam hal atraksi futuristik. Tidak puas dengan gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa, pemerintah setempat berencana membuat lokasi fantastis dengan menciptakan replika bulan bernama ‘Moon Dubai’.

Proyek ambisius tersebut diperkirakan bakal menelan biaya US$5 miliar atau setara Rp74 triliun. Wisata ini menyuguhkan sensasi layaknya berada di ruang angkasa.

Mengutip The National, Selasa (20/9) pendiri Moon World Resorts, Sandra G Matthews, mengatakan proyek tersebut merupakan pekerjaan pariwisata modern terbesar di Dubai.

Firma arsitektur Kanada dan pemberi lisensi properti, Moon World Resorts Inc (MWR), dilaporkan berada di belakang proyek ini. Pembangunan resor super mewah ini akan memakan waktu sekitar 48 bulan atau dua tahun. Ketinggian keseluruhan Moon Dubai akan mencapai 224 meter.

Pendiri lainnya, Michael R. Henderson, menjelaskan jika proyek Moon Dubai rampung akan dapat menampung 10 juta pengunjung per tahun.

"Moon Dubai akan secara signifikan berdampak pada setiap aspek ekonomi Uni Emirat Arab termasuk pariwisata, transportasi, real estat komersial dan perumahan, infrastruktur, layanan keuangan, penerbangan dan luar angkasa, energi, MICE, pertanian, teknologi, dan tentu saja pendidikan," ujarnya.

Tamu yang mengunjungi resor mewah dapat menikmati fasilitas mewah seperti spa dan kesehatan, klub malam, pusat acara, tempat pertemuan global, lounge, dan jemputan bulan di dalam hotel.

Replika bulan Dubai ini akan mengakomodasi platform pelatihan untuk berbagai badan antariksa dan astronot masing-masing juga.

Perusahaan arsitektur Kanada juga berencana untuk memasukkan “Sky Villas”, yang akan dikenal sebagai kediaman pribadi di bulan. “Sekitar 300 unit akan tersedia untuk dibeli, dengan pemilik sky villa menjadi anggota klub anggota pribadi eksklusif di Moon,” jelasnya.

Hingga sekarang, perusahaan tersebut tengah mendapatkan lisensi dan merencanakan road show untuk mempromosikan replika bulan kepada calon klien.

Setelah ini, perusahaan akan memasuki program pra-pengembangan satu tahun, diikuti oleh program pengembangan empat tahun. Moon World Resort, diharapkan melisensikan empat resor tujuan bulan di seluruh dunia, yaitu di Eropa, Timur Tengah, Amerika Utara, Afrika Utara, dan Asia.

Related Topics

Related Articles