NEWS

Batik Air Buka Rute Penerbangan Kuala Namu - Penang

Rute baru ini beroperasi mulai 16 Agustus 2023.

Batik Air Buka Rute Penerbangan Kuala Namu - Penangdok. Batik Air
03 August 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Batik Air,  maskapai penerbangan anggota of Lion Air Group membuka rute internasional baru Medan – Penang – Medan yang beroperasi mulai 16 Agustus 2023. Penerbangan tujuan Penang ini akan menghubungkan Kota Medan melalui Bandar Udara Internasional Kualanamu di Deli Serdang, Sumatera Utara (KNO) sebagai rute kedua setelah Jakarta. 

Batik Air mengoperasikan pesawat generasi modern Boeing 737-800NG, termasuk pesawat yang dikirim langsung dari pabrikan pesawat dengan teknologi terkini, menyediakan pengalaman penerbangan yang nyaman, aman bagi penumpang. 

Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, Batik Air bersemangat membuka rute baru ini. "Medan - Penang adalah alternatif baru yang signifikan dalam menawarkan rute internasional terbaru, dengan tujuan destinasi yang semakin luas, Batik Air ingin memberikan pilihan baru penerbangan bagi para pebisnis dan wisatawan," katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (3/8).

Adapun, jadwal penerbangan Batik Air tujuan untuk rute terbarunya sebagai berikut:

  • Kualanamu (KNO) – Penang (PEN) dengan nomor penerbangan ID-7175 jadwal terbang pukul 15.30 dengan waktu kedatangan 17.20.
  • Penang (PEN) – Kualanamu (KNO) dengan nomor penerbangan ID-7174  jadwal terbang pukul 12.20 dengan waktu kedatangan 12.15.

Namun, perlu dicatat terdapat perbedaan zona waktu antara Sumatera Utara (GMT+ 07), Penang (GMT+ 08).

Nilai tambah

Danang mengatakan, adanya rute baru internasional dari Medan ke Penang sedikitnya akan memberikan enam nilai tambah sebagai berikut:

Pertama, konektivitas udara antara Medan dan Penang menjadi lebih baik. Para pelancong dari kedua kota semakin mudah mengakses destinasi baru dan menikmati pengalaman perjalanan yang lebih nyaman dan efisien.

Kedua, memberikan dampak positif pada industri pariwisata di kedua kota. Medan sebagai gerbang ke Sumatera Utara Indonesia dan Penang sebagai tujuan populer di Malaysia akan menarik lebih banyak wisatawan yang ingin berwisata kesehatan, menjelajahi keindahan alam, budaya, dan kuliner dari kedua wilayah tersebut.

Ketiga, memperluas peluang bisnis yang menjanjikan bagi perusahaan dan pengusaha dari kedua kota, dengan aksesibilitas yang semakin baik, kesempatan mengembangkan jaringan bisnis dan perdagangan antara Medan dan Penang menjadi lebih besar.

Keempat, penerbangan internasional yang beroperasi secara teratur bisa berkontribusi meningkatkan ekonomi lokal di kedua kota. Peningkatan jumlah wisatawan dan pengusaha yang datang ke daerah tersebut akan mendukung pertumbuhan industri, hotel, restoran dan sektor ekonomi lainnya.

Kelima, Batik Air yang melayani rute tersebut turut mengembangkan Bandar Udara Internasional Kualanamu (KNO) dan Bandar Udara Internasional Penang sebagai hub (penghubung) penerbangan di kawasan ini. Keuntungannya, ketersediaan jaringan atau konektivitas yang lebih luas, Batik Air bisa menarik lebih banyak pebisnis dan wisatawan yang menggunakan penerbangan transit melalui Medan atau Penang.

"Terakhir rute baru internasional diharapkan mendukung kemajuan ekonomi di kawasan regional Asia Tenggara. Seiring meningkatnya lalu lintas penumpang dan perdagangan, kawasan ini akan mengalami pertumbuhan ekonomi yang lebih dinamis," katanya. 

Related Topics