NEWS

Jasa Marga Terapkan Buka-Tutup Rest Area saat Arus Balik Lebaran

Sistem buka/tutup terutama di area yang jadi titik macet.

Jasa Marga Terapkan Buka-Tutup Rest Area saat Arus Balik LebaranSalah satu Rest area yang disiapkan oleh PT JMRB. (dok. Jasa Marga)
06 May 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - PT Jasamarga Related Business (JMRB) berkoordinasi dengan pihak Kepolisian memberlakukan sistem rekayasa buka/tutup pada saat pelaksanaan arus balik Idulfitri 1443 H/2022.

General Manager Perencanaan dan Pengendalian Operasional PT JMRB Meta Herlina Puspitaningtyas mengatakan, penerapan rekayasa buka/tutup akan dilakukan guna mengurai kepadatan di dalam rest area, terutama jika sedang dilakukan rekayasa lalu lintas one way di ruas jalan tol.

Menurutnya, rest area yang dilakukan buka/tutup merupakan area peristirahatan yang berpotensi menimbulkan titik kepadatan di jalan tol  arah Jakarta. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan efektivitas rekayasa lalu lintas one way.

"Atas diskresi Kepolisian, kami masih melakukan rekayasa buka/tutup rest area di jalan tol arah Jakarta secara situasional, terutama saat terjadi kepadatan di rest area selama rekayasa lalu lintas one way berlangsung," ujar Meta dalam keterangan resmi, Jumat (6/5). 

Bekerja sama dengan mitra pengelola rest area

Penerapan contra flow di tol antisipasi lonjakan volume kendaraan saat mudik Lebaran 2022.
Penerapan contra flow di tol antisipasi lonjakan volume kendaraan saat mudik Lebaran 2022. (dok. jasa Marga)

Selain dengan Kepolisian, PT JMRB juga akan berkoordinasi dengan Mitra Pengelola Rest Area dan Representative Office Jasa Marga terkait rekayasa buka/tutup rest area selama periode arus balik.

"Kami juga melakukan sejumlah skema rekayasa arus lalu lintas di dalam rest area jika diterapkan sistem one way di ruas jalan tol. Sebab, jika sedang diterapkan sistem one way, arus kendaraan di rest area pun otomatis berubah. Dengan adanya perubahan tersebut, kami melakukan antisipasi agar tidak terjadi kepadatan di dalam rest area," ujarnya.

Pada penerapan sistem one way dan buka/tutup rest area, PT JMRB menambah penyediaan sarana perambuan, rubber cone, dan water barrier, termasuk personel keamanan dan pengatur lalu lintas di rest area.

Ia juga mengimbau pengguna jalan untuk memanfaatkan waktu istirahat di rest area sesuai dengan kebutuhan, agar dapat bergantian dengan pengguna jalan lainnya. Meta juga meminta pengguna jalan untuk memastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik agar memaksimalkan waktu  beristirahat.

Prediksi puncak arus balik

Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Bekasi, Jawa Barat, yang dioperasikan PT Jasa Marga (Persero) Tbk. ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah

Related Topics