NEWS

Tak Hanya Korea Selatan, Ini 5 Negara Lain yang Terapkan Wajib Militer

Wamil Korsel turut diikuti pesohor seperti anggota BTS.

Tak Hanya Korea Selatan, Ini 5 Negara Lain yang Terapkan Wajib MiliterIlustrasi perang. (Pixabay/Defence-Imagery)
13 December 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Istilah wajib militer (wamil) kembali mengemuka setelah salah satu anggota boy band Korea Selatan, Bangtan Boys (BTS) yakni Kim Seokjin menjalani kewajiban wamil mulai hari ini, Selasa (13/12). 

Dengan keikutsertaan anggota BTS dalam wajib militer, grup ini mulai 'hiatus' atau beristirahat dari aktivitas konsernya dalam beberapa tahun mendatang. Hal ini disinyalir menyebabkan Korea Selatan kehilangan miliaran dolar. 

Riset yang diterbitkan oleh The Hyundai Research Institute menunjukkan, perekonomian Korea Selatan berpotensi kehilangan US$3,6 miliar atau setara sekitar Rp 55,8 triliun (asumsi kurs Rp 15.500 per dollar AS) akibat hiatusnya BTS. Angka itu setara dengan kontribusi 26 perusahaan menengah.

Selain Korea Selatan, terdapat beberapa negara yang menerapkan aturan wajib militer bagi warga negaranya. Berikut ulasannya dilansir dari CNN.com

1. Korea Selatan

Sejak 1957 Korea Selatan sudah menerapkan aturan wajib militer. Aturan ini diwajibkan pada warga negara laki-laki berusia 18 – 35 tahun. 

Tujuan utama adanya wajib militer di Korea Selatan adalah untuk menghadapi ancaman serangan dari Korea Utara. 

Masa kerja wamil berbeda-beda tergantung dari cabang di mana seseorang ditempatkan. Saat ini ada dua tingkatan pelayanan yaitu tugas aktif dan layanan tugas non aktif.

Layanan tugas non aktif adalah pekerja layanan publik dan pegawai negeri. Sedangkan layanan tugas non aktif biasanya diisi pria Korea Selatan yang kondisi tubuhnya kurang baik. 

Masa dinas Angkatan Darat dan Marinir Korea Selatan adalah 21 bulan, Angkatan Laut 23 bulan, dan Angkatan Udara 24 bulan. Adapun untuk tugas tak aktif yakni 24 bulan bagi pekerja sosial atau kerja sama internasional, 34 bulan bagi tenaga teknis industri, dan 36 bulan bagi mereka yang menyelesaikan tugas sebagai dokter, pengacara, dokter hewan, atau peneliti ahli.

2. Korea Utara

Sama halnya negara tetangganya, Korea Utara juga menerapkan sistem wajib militer bagi warganya.

Menurut laporan World Population Review, pemerintahan Pyongyang mewajibkan warganya yang berusia 17 tahun ikut Wamil. Bagi laki-laki masa wamil memakan waktu 10 tahun, dan perempuan 5 tahun.

Related Topics