NEWS

5 Cara Cek Tagihan Listrik PLN Secara Online Pasti Mudah

Setiap bulan pelanggan PLN akan mendapat tagihan listrik.

5 Cara Cek Tagihan Listrik PLN Secara Online Pasti MudahPetugas PLN mengecek kondisi meteran listrik pelanggan. (Doc: PLN)
by
14 March 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Cek tagihan listrik merupakan hal yang dapat dilakukan secara mandiri oleh para pelanggan layanan listrik pascabayar setiap bulannya. Biasanya pelanggan akan mengecek tagihan listrik PLN pada awal bulan, lalu bisa sekalian melakukan pembayaran. 

Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah menyediakan layanan listrik pascabayar ini sejak awal. Pelanggan diharapkan membayar tagihan listrik dengan tepat waktu setiap bulannya dengan tenggat tanggal 20. Jika melewati jatuh tempo, maka akan dikenakan denda yang disebut dengan Biaya Keterlambatan atau BK.

Besarnya BK bergantung pada batas daya listrik tiap rumah tangga. Pada umumnya rumah memiliki batas daya 2.200 Volt Ampere, jadi BK yang harus dibayarkan jika telat membayar tagihan adalah Rp10 ribu. Jika batas daya lebih rendah, maka BK akan lebih rendah, dan sebaliknya.

Meski sudah ditetapkan tanggalnya, pelanggan terkadang lupa membayar hingga menunggak. Kalau sampai menunggak, listrik di rumah bisa diputus sementara oleh PLN. Segala kegiatan di rumah bisa terganggu dan tertunda hanya karena lupa bayar listrik. Pasti seisi rumah jadi tidak nyaman dibuatnya. Sebaiknya bayar tagihan listrik tepat waktu.

Dulu, mungkin orang-orang akan merasa malas untuk mengecek tagihan listrik karena harus mengantre di kantor cabang PLN terdekat. Tetapi, kini cek tagihan listrik sudah bisa dilakukan dengan sekali klik melalui ponsel Anda.

Terdapat banyak cara cek tagihan listrik, mulai dari melalui aplikasi PLN, WhatsApp, Email, hingga melalui berbagai aplikasi marketplace. Lantas, bagaimana caranya? Simak informasi mengenai cara cek tagihan listrik berikut ini.

Melalui website resmi PLN

  • Buka website resmi PLN di www.pln.co.id
  • Pilih menu "Layanan Pelanggan" lalu pilih "Tagihan dan Pembayaran"
  • Masukkan ID Pelanggan dan kode captcha yang muncul
  • Klik tombol "Lihat Tagihan"

Melalui aplikasi PLN Mobile

  • Unduh dan pasang aplikasi PLN Mobile dari Google Play Store atau App Store
  • Buka aplikasi dan login menggunakan akun PLN Anda
  • Pilih menu "Tagihan"
  • Masukkan ID pelanggan atau nomor meteran lalu klik tombol "Cari Tagihan"

Related Topics