NEWS

Belum Ada Kesepakatan Dengan Tesla, Luhut: Kita Harus Sabar

Komunikasi dengan pihak Tesla masih terus berlangsung.

Belum Ada Kesepakatan Dengan Tesla, Luhut: Kita Harus SabarMenko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan. (dok. Kemenko Marves)
by
24 May 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan bahwa rencana investasi dari perusahaan milik Elon Musk masih akan membutuhkan waktu dan proses yang tidak sebentar.

Hal ini diungkapkan Luhut mengingat hingga saat ini belum ada kesepakatan resmi yang dicapai antara Indonesia dengan pihak Tesla, Inc.

“Masuknya investasi dari suatu perusahaan itu tidak semudah menjentikkan jari. Ini butuh proses dan waktu yang tidak sebentar. Apalagi ini investasi dengan nilai jumbo. Jadi, kita harus sabar supaya nantinya bisa benar-benar membawa manfaat besar bagi masyarakat dan negara seperti yang kita semua harapkan,” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (23/05).

Masih terus jalin komunikasi

Luhut mengatakan Kemenko Marves telah menjalin komunikasi yang sangat baik sejak dua tahun belakangan baik dengan Elon Musk dan juga Tesla.

Pendiri SpaceX tersebut, menurutnya, sangat tertarik untuk melakukan investasi terhadap industri nikel di Indonesia karena dinilai sangat menjanjikan untuk memenuhi kebutuhan ekosistem kendaraan listrik.

Sejak pertemuan delegasi Indonesia di pabrik perakitan kendaraan listrik Tesla di Austin, Texas, pada 26 April lalu, lanjut Luhut, pihak Kemenko Marves dan tim dari Tesla yang ditunjuk oleh Elon terus melakukan negosiasi secara intensif. Hal ini untuk merumuskan berbagai detail formula investasi yang akan dipakai.

Namun demikian, keputusan akhir mengenai investasi akan berada di tangan perusahaan.

Tim Tesla, kata Luhut, telah datang ke Indonesia pada awal bulan ini. Mereka mengunjungi beberapa pabrik pengolahan nikel.

“Kita juga merespons dengan tidak kalah cepat untuk menunjukkan keseriusan dan support kita. Tapi yang harus diingat, ini masih dalam tahap negosiasi. Jadi, sekali lagi, semua harus bersabar,” katanya.

Elon Musk akan ke Indonesia pada November

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dan rombongan bertemu Elon Musk di Pabrik Tesla, Austin, Texas. (Dok. Istimewa).

Related Topics