NEWS

DPR Ingatkan Kemendag Wacana Bea Masuk 200% Sulit Tekan Impor Cina

Perlu menerapkan kebijakan yang spesifik setiap sektor.

DPR Ingatkan Kemendag Wacana Bea Masuk 200% Sulit Tekan Impor Cinailustrasi bisnis impor (unsplash.com/Andy Li)
01 July 2024

Fortune Recap

  • Komisi VI DPR meminta Kemendag berhati-hati dalam menerapkan kebijakan tarif bea masuk 200 persen dari Cina.
  • Darmadi Durianto menekankan perlunya kebijakan khusus untuk melindungi industri tekstil, bukan diterapkan secara umum.
  • Kemendag harus mengidentifikasi masalah di setiap sektor industri melalui kajian yang mendalam untuk kebijakan yang efektif.
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Komisi VI DPR meminta Kementerian Perdagangan (KeMendag) untuk berhati-hati dalam menerapkan kebijakan tarif Bea Masuk sebesar 200 persen bagi produk dari Cina.

Anggota Komisi VI, Darmadi Durianto, mengatakan kebijakan ini perlu dirancang secara khusus dan berhati-hati untuk melindungi industri tekstil, dan tidak diterapkan secara umum untuk semua sektor industri.

"Setiap sektor industri memerlukan kebijakan atau pendekatan yang berbeda. Tidak bisa disamaratakan karena kondisi dan iklim bisnis masing-masing industri berbeda," kata dia dalam keterangannya, Minggu (30/6).

Oleh sebab itu, Kemendag perlu mengidentifikasi masalah di setiap sektor industri melalui kajian yang mendalam agar bisa memberikan dampak secara efektif. 

"Kemendag harus mempelajari pasar setiap industri secara komprehensif agar kebijakan yang diterapkan efektif," ujarnya.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.