NEWS

Hampir Semua Naik, Ini Daftar Harga BBM di Indonesia pada Agustus 2023

Solar dan Pertalite masih bertahan.

Hampir Semua Naik, Ini Daftar Harga BBM di Indonesia pada Agustus 2023Mobil mengisi BBM non-subsidi di SPBU. (dok. Pertamina)
01 August 2023

Jakarta, FORTUNE - PT Pertamina (Persero) melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) non-subsidi yang resmi berlaku mulai 1 Agustus 2023. Jenis-jenis BBM yang mengalami kenaikan harga adalah Pertamax Turbo dan Dex Series.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, mengatakan pihaknya secara berkala mengevaluasi harga untuk produk-produk BBM non-subsidi demi mengikuti tren harga rata-rata publikasi minyak dunia, yakni harga publikasi Mean of Platts Singapore (MOPS)/Argus.

Menurut Irto, evaluasi berkala ini boleh dilakukan oleh seluruh badan usaha. Untuk Pertamina Patra Niaga, biasanya dilakukan tiap bulan mengacu pada tren harga publikasi MOPS/Argus pada periode tanggal 25 hingga tanggal 24 pada bulan sebelumnya.

"Mengacu pada rata-rata MOPS pada periode 25 Juni hingga 24 Juli, Pertamina Patra Niaga telah mengevaluasi ulang dan akan kembali melakukan penyesuaian harga secara berkala untuk Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex berlaku per 1 Agustus 2023," ujar Irto dalam keterangan tertulis, Selasa (1/8).

Melansir laman resmi Pertamina, untuk wilayah DKI Jakarta harga Pertamax Turbo naik dari Rp14.000 menjadi Rp14.400 per liter. Kemudian harga Dexlite naik dari sebelumnya Rp13.150 per liter menjadi Rp13.950 per liter. Untuk Pertamax dan Pertamax Green 95 sendiri, saat ini Pertamina Patra Niaga tidak melakukan penyesuaian harga: tetap Rp12.500 dan Rp13.500 per liternya.

"Untuk Pertamax dan Pertamax Green 95, harga tetap, dan ini sudah sesuai evaluasi perhitungan yang dilakukan. Formula harganya masih ideal," kata Irto.

Daftar harga BBM Pertamina di seluruh Indonesia

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.