NEWS

Hingga H+1 Natal, 3 Jalan Tol Milik Astra Dilalui 2,7 Juta Kendaraan

Peningkatannya 4 persen ketimbang H+1 Natal 2022.

Hingga H+1 Natal, 3 Jalan Tol Milik Astra Dilalui 2,7 Juta KendaraanSejumlah kendaraan melintas di Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) Cirebon, Jawa Barat, Jumat (22/12). ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
by
28 December 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Pada periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 18–26 Desember 2023, akumulasi volume kendaraan yang melintas di tiga ruas Tol Astra Infra—Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan, dan Jombang-Mojokerto—telah mencapai 2,7 juta unit.

Pada 26 Desember 2023, total kendaraan yang melintasi ketiga ruas tol tersebut meningkat sekitar 4 persen dibandingkan dengan H-1 Natal 2022.

Ketua Gugus Tugas Nataru Astra Infra 2023, Rinaldi, mengatakan perusahaannya terus berkoordinasi dengan instansi terkait yang berwenang untuk meningkatkan pelayanan dan kelancaran arus mobilitas selama periode ini. Langkah itu diambil demi mengantisipasi terjadinya lonjakan kendaraan

“[Kami] secara rutin menginformasikan situasi kondisi terkini jalan tol melalui live report, VMS, media sosial serta radio” kata Rinaldi dalam siaran pers yang dikutip Kamis (28/12). 

Tol Tangerang-Merak

Selama periode H-7 sampai H+1 Natal, total kendaraan yang melewati ruas Tol Tangerang -Merak mencapai 1.526.678 unit, naik sekitar 2,2 persen dibandingkan dengan periode Nataru 2022.

Pada 26 Desember 2023, kondisi lalu lintas di Gerbang Tol Cikupa terpantau lancar, dengan 52.487 kendaraan tercatat keluar melaluinya untuk menuju arah Jakarta, dan itu merupakan peningkatan 12,6 persen dibandingkan dengan hari sebelumnya. Untuk mengantisipasi antrean di gerbang tol tersebut, perusahaan menambah gardu tandem, petugas yang membantu tapping, serta petugas yang mengarahkan kendaraan.

Untuk arus lalu lintas yang memasuki Gerbang Tol Merak arah Jakarta, 10.991 kendaraan melintas, yang berarti merupakan peningkatan sekitar 5,6 persen ketimbang hari sebelumnya.

Sementara itu, volume/capacity ratio jalur pada 26 Desember 2023 mencapai 0,7 di kedua jalur yang menunjukkan bahwa kondisi lalu lintas di Tol Tangerang-Merak stabil.

Tol Cikopo - Palimanan

Pada periode yang sama, total volume kendaraan yang melintasi Tol Cikopo–Palimanan meningkat sekitar 15 persen dibandingkan dengan periode Nataru tahun lalu.

Pada 26 Desember 2023, jumlah kendaraan harian yang melewati tol tersebut mengalami penurunan sekitar 24 persen dibandingkan dengan hari sebelumnya. Namun, jumlah kendaraan yang mengarah ke Jakarta mengalami peningkatan 32 persen dibandingkan dengan hari sebelumnya, dengan kondisi lalu lintas stabil.

Related Topics