NEWS

Investasi Makassar New Port Akan Ditingkatkan Sampai Rp10 Triliun

Akan menjadi pelabuhan terbesar kedua di Indonesia.

Investasi Makassar New Port Akan Ditingkatkan Sampai Rp10 TriliunPresiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikan Proyek Strategis Nasional, Makassar New Port (MNP) pada Kamis (22/2). (Dok. BUMN)
22 February 2024

Jakarta, FORTUNE - Presiden Joko Widodo meresmikan Proyek Strategis Nasional, Makassar New Port (MNP), pada Kamis (22/2).

Menteri BUMN, Erick Thohir, mengatakan, sesuai arahan Jokowi pada 3 tahun yang lalu, akan mengonsolidasi Pelabuhan BUMN agar efisiensi meningkat, dan mendorong penurunan biaya Logistik Nasional.  Upaya awal pengonsolidasiannya adalah dengan menjadikan Pelindo I, II, III, dan IV sebagai Pelindo.

Alhamdulillah (Pelindo) saat ini profit Rp3,9 triliun dan investasi MNP ini mandiri dari Pelindo sendiri senilai Rp5,4 triliun dan terus bertahap sampai Rp10 triliun,” kata Erick Thohir dalam keterangannya, Kamis (22/2).

Dermaga MNP Tahap 1A, 1B dan 1C yang diresmikan tersebut memiliki panjang total 1.280 meter dan dibangun PT Pelabuhan Indonesia (Persero) di atas lahan seluas 52 hektare guna menopang pertumbuhan perekonomian di wilayah timur Indonesia.

Makassar New Port merupakan pelabuhan terbesar kedua setelah Pelabuhan Tanjung Priok dengan kedalaman 16 meter.

Kehadiran pelabuhan baru di Makassar dengan kapasitas total 2,5 juta TEUs (twenty-foot equivalent unit) peti kemas itu juga menjadi angin segar bagi perusahaan pelayaran.

Sebab, dengan kedalaman tersebut, dermaga MNP sudah bisa disandari kapal berukuran besar generasi post panamax yang biasa digunakan untuk pelayaran langsung ke luar negeri.

Pengembangan Makassar New Port akan terus dilanjutkan

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.