NEWS

Jokowi Ungkap Pembebasan Lahan Kerap Persulit Masuknya Investasi

Target investasi 2024 mencapai Rp1.650 triliun.

Jokowi Ungkap Pembebasan Lahan Kerap Persulit Masuknya InvestasiPresiden Joko Widodo dalam sambutan Rapat Koordinasi Nasional Investasi 2023 yang disiarkan secara virtual, Kamis (7/12). (Tangkapan layar)
by
07 December 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyoroti realisasi Investasi di Indonesia yang acap kali gagal karena masalah perizinan hingga pembebasan lahan. Padahal, menurutnya, pemerintah selalu melakukan penawaran dan pemasaran ihwal potensi investasi di Indonesia ke banyak negara.

"Dulu kita ini selalu berorientasi pada pemasaran terus, marketing terus, bicara investasi di Indonesia baik, begitu investor datang, pembebasan lahan gagal. Balik, tak jadi investasi. Investor datang lagi, ruwet perizinannya, balik, enggak jadi lagi investasi," kata dia dalam sambutan Rapat Koordinasi Nasional Investasi 2023 yang disiarkan secara virtual, Kamis (7/12).

Berdasarkan fakta tersebut, Jokowi mengatakan fokus pemerintah saat ini bukan lagi tentang bagaimana memasarkan investasi, tapi bagaimana menyelesaikan masalah agraria.

Dorong penyelesaian masalah di dalam negeri

Dia pun mencontohkan urusan pembebasan lahan untuk pembangunan proyek PT Lotte Chemical Indonesia yang memiliki nilai investasi hingga US$3,9 miliar di Cilegon, Banten.

Pabrik petrokimia yang didirikan oleh perusahaan asal Korea Selatan itu memulai konstruksinya pada awal 2014. Namun, Jokowi mengatakan hingga beberapa tahun kemudian masih juga tidak selesai karena terganjal masalah pembebasan lahan.

"Lotte bertahun-tahun enggak selesai. Saya perintahkan kepada Pak Menteri Bahlil maksimal tiga bulan selesai urusan tanah, dua minggu diselesaikan rampung,” ujarnya seraya menyebut nama Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia.

Jokowi menekankan penyelesaian urusan agraria merupakan hal yang dibutuhkan untuk meningkatkan realisasi investasi. 

“Percuma marketing ke semua negara [yang] berbondong-bondong datang kemudian, [tapi] urusan pembebasan lahan aja enggak rampung. Kalau ruwet [pengurusan lahannya] untuk apa marketing investasi?" katanya.

Genjot investasi untuk pertumbuhan ekonomi

Untuk 2024, Jokowi menargetkan pertumbuhan ekonomi Indonesia berkisar 5,1–5,7 persen dengan target realisasi investasi mencapai Rp1.650 triliun.

“Bukan hal yang gampang di situasi dunia yang tidak mendukung. Tapi saya yakin kerja keras kita semua bisa menyelesaikan target investasi kita buat ini," kata Jokowi.

Kendati pelayanan kepada investor dirasa sulit, Jokowi akan mendorongnya menjadi lebih baik. Dengan begitu, jika timbul masalah sekecil sekalipun, penyelesaiannya dapat segera terwujud. Ujungnya, target yang tinggi tersebut dapat diraih.

“[Para investor] akan sangat merasa terbantu tanpa kita [memasarkan], karena mereka akan berbicara dengan teman-teman mereka. [Jumlah] investor global itu bisa dihitung, pasti mereka akan berbicara, 'wah kita berinvestasi di indonesia dibantu pengurusan perizinan, dibantu pengurusan pembebasan lahan',” ujar Jokowi. 
 

Related Topics