NEWS

Vaksin Booster Syarat Mudik Lebaran, Kemenhub Siapkan Teknisnya

Vaksin booster jadi syarat mudik Lebaran 2022.

Vaksin Booster Syarat Mudik Lebaran, Kemenhub Siapkan TeknisnyaIlustrasi : Mudik Lebaran 2022 telah dibolehkan oleh pemerintah. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/rwa.
by
24 March 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) segera berkoordinasi dengan sejumlah pemangku kepentingan terkait syarat teknis perjalanan selama Idulfitri 2022 setelah Presiden Joko Widodo mengumumkan tentang kelonggaran mudik Lebaran.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati, mengatakan Joko Widodo melotarkan kebijakan yang berkenaan dengan syarat pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) dan mudik Idulfitri 2022.

“Masyarakat diperbolehkan melakukan kegiatan mudik dengan syarat sudah dua kali vaksin serta satu kali vaksin booster dengan prokes ketat,” kata Adita, dalam keterangan tertulis, Rabu petang (23/3).

Akan hal perjalanan luar negeri, karantina tidak lagi diharuskan tetap pelaku perjalanan wajib melangsungkan tes PCR dengan hasil negatif. 

Kemenhub siapkan petunjuk teknis

Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Kelas IIB Indramayu, Jawa Barat, Rabu (23/3/2022). ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Menurut Adita, Kemenhub akan menerbitkan surat edaran tentang petunjuk pelaksanaan teknis di lapangan untuk perjalanan luar negeri maupun dalam negeri, yang merujuk pada Surat Edaran (SE) Satgas Penanganan Covid-19.

SE Kemenhub ini dibutuhkan sebagai rujukan bagi para operator prasarana dan sarana transportasi untuk menjamin pelaksanaan perjalanan luar negeri maupun dalam negeri dapat berjalan dengan lancar dan aman dari Covid-19.

Petunjuk teknis pelaksanaan di lapangan juga akan didiskusikan dengan para pemangku kepentingan termasuk pihak Polri. Di antaranya bertaut dengan mekanisme pengawasan terhadap ketentuan syarat perjalanan dan penerapan protokol kesehatan di lapangan.

"Diharapkan ketentuan mengenai perjalanan mudik dan pelaksanaannya dapat difinalisasi dalam waktu dekat dan segera diumumkan kepada masyarakat," ujarnya.

Bakal ada 80 juta yang mudik

Ilustrasi perjalanan dengan kereta. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Related Topics