NEWS

Kenali Definisi Harga Eceran Tertinggi dan Fungsinya

Tujuan HET agar penjual tidak menjual di atas ketentuan.

Kenali Definisi Harga Eceran Tertinggi dan FungsinyaPedagang daging ayam melayani pembeli di Pasar Induk Rau, Serang, Banten, Selasa (7/6). (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)
by
07 October 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - HET merupakan akronim dari harga eceran tertinggi atau batas atas harga yang diperbolehkan untuk barang-barang yang dijual secara eceran kepada masyarakat sebagai konsumen akhir.

Harga eceran tertinggi memang agak mirip dengan plafon harga, dalam arti menetapkan batas atas harga suatu produk.

Tujuan ditetapkannya HET ini adalah untuk memastikan pedagang eceran tidak dapat menjual produk di atas harga wajar. Bisa dibilang, HET dapat membantu meningkatkan kesadaran pelanggan sehingga mereka tidak tertipu oleh pemilik toko yang membebankan harga tidak wajar pada mereka.

Namun, jika HET ditetapkan tidak adil oleh produsen, maka secara langsung akan mempengaruhi daya beli konsumen. Terutama jika produk tersebut merupakan produk kebutuhan pokok.

Bagaimana aturan HET

Aturan HET atau harga eceran tertinggi sebenarnya dapat berbeda-beda tergantung dari barang yang ingin dijual. Untuk produk berupa obat-obatan, misalnya, aturan penghitungan yang digunakan didasarkan pada Peraturan Kementerian Kesehatan nomor 98 tahun 2015.

Sedangkan untuk minyak goreng, pemerintah merilis Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 11 Tahun 2022 tentang Penetapan Harga Eceran Tertinggi Minyak Goreng Curah.

Untuk produk-produk yang lain, aturan yang dikenakan pun akan berbeda sesuai dengan peraturan kementerian yang terkait. Oleh karena itu, ada baiknya setiap pelaku usaha mempelajari terlebih dahulu setiap regulasi yang ada untuk memastikan harga jual yang dipasangnya sudah sesuai dengan aturan HET yang berlaku.

Fungsi harga eceran tertinggi

Ilustrasi : proses jual-beli daging di pasar. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.

Related Topics